Warga Koto Batung Agam gelar alek batagak kuro-kodo mushala

id alek batagak kuro-kodo mushala agam,Berita agam,Berita sumbar

Warga Koto Batung Agam gelar alek batagak kuro-kodo mushala

Pengurus Mushala Nurul Hikmah Dusun Koto Batung, Jorong Lubuk Alung, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam sedang berada di lokasi pembangunan mushala, Minggu (27/8). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Warga Dusun Koto Batung, Jorong Lubuk Alung, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar alek batagak kudo-kudo atau melanjutkan pembangunan Mushala Nurul Hikmah, Minggu (27/8).

Ketua Pengurus Mushala Nurul Hikmah Zulkifli didampingi Wakil Pengurus Mushala Nurul Hikmah Emrizal di Lubuk Basung, Minggu, mengatakan alek batagak kudo-kudo tersebut dihadiri oleh masyarakat, peratau dan lainnya.

"Warga yang hadir memberikan infak dan sedekah untuk melanjutkan pembangunan. Khusus untuk perantau hanya mengirimkan infak dan sedekah ke rekening mushala," katanya.

Ia mengatakan, alek batagak kudo-kudo tersebut dengan memotong satu ekor sapi sumbangan dari warga dan saat peletakan batu pertama ada warga menyumbangkan dua ekor kambing untuk dipotong.

Ini bentuk dukungan dari warga terhadap pembangunan mushala, termasuk biaya pembangunan.

Saat ini dana pembangunan mushala sudah mencapai diatas Rp300 juta dan dana awal pembangunan hanya Rp31,8 juta.

Sampai sekarang, bantuan berdatangan dan khusus keramik lantai sudah ada warga yang membantu.

"Kita tinggal mencari dana untuk biaya tukang dalam memasang keramik dan termasuk pembangunan lantai dua," katanya.

Ia mengakui, Mushala Nurul Hikmah yang dibangun memiliki dua lantai. Pada lantai pertama dengan ukuran 10X10 meter bujur sangkar yang bakal digunakan untuk pelaksanaan shalat.

Sementara lantai dua dengan lebar 13,5 meter bujur sangkar dan panjang 18,6 meter bujur sangkar yang bakal digunakan untuk hafiz.

"Pembangunan dimulai semenjak 3 Maret 2023 dan kita membutuhkan dana Rp1 miliar untuk pembangunan mushala tersebut," katanya.