Tingkatkan kompetensi, pasukan elit PLN gelar pelatihan

id PLN, PDKB, bekali personil lapangan

Tingkatkan kompetensi, pasukan elit PLN gelar pelatihan

Pasukan elit PLN UID Sumbar dibekali pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai personil tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Tingkatkan kompetisi personil tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat gelar Pelatihan Pengoperasian Kendaraan PDKB Tegangan Menengah (TM) Sentuh Langsung. Pelatihan digelar selama 2 hari, Rabu hingga Kamis (19-20/7).

Paparan teori diadakan di hari pertama, bertempat di Ruang Rapat Singgalang PLN UID Sumbar. Sementara praktek lapangan untuk hari kedua diadakan di kawasan Parak Gadang Kota Padang.

Tim PDKB adalah pasukan elit PLN yang bertanggung jawab pada penugasan-penugasan khusus berisiko tinggi. Tim PDKB terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor, maupun komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa memadamkan aliran listrik, sehingga masyarakat Indonesia dapat tetap menikmati listrik meskipun jaringan listrik sedang dalam pekerjaan.

PLN UID Sumbar sendiri miliki 3 tim PDKB, yaitu; Tim PDKB TM Berjarak PLN UP3 Padang, Tim PDKB TM Sentuh Langsung PLN UP3 Padang, dan Tim PDKB TM Berjarak UP3 Bukittinggi. 2 tim diantaranya baru diresmikan Mei 2023 lalu.

Penambahan Tim PDKB UID Sumbar dari 1 tim menjadi 3 tim merupakan bagian dari komitmen PLN UID Sumbar untu meningkatkan pelayanan keandalan listrik kepada seluruh pelanggan.

Guna melatih kompetensi personil tim baru maupun tim lama sehingga prima dalam melayani seluruh pelanggan, pelatihan menjadi kegiatan yang dianggap penting. Hal ini seperti disampaikan General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho.

‘’Pelatihan pengoperasikan kendaraan PDKB TM Sentuh Langsung sangat penting digelar apalagi mengingat 2 tim PDKB adalah personil baru. Seluruh tim kami sangat terlatih dan telah lulus uji kompetensi sebagai tim elite PLN. Namun praktek pemakaian dengan peralatan dan perlengkapan dari pabrikan Dong Hae Korea yang kita gunakan di unit kerja kita ini sangat penting. Seperti yang kita tahu, beda pabrikan terkadang ada bedanya,’’ sampai Eric.

Pada praktek lapangan, tim PDKB melakukan pemeliharaan preventif pada jaringan (feeder) Sutan Syahrir, yang memiliki beban feeder 90 Volt Ampere. Kendaraan PDKB Sentuh Langsung digunakan untuk penggantian pin isolator 20 kV pada feeder.

Pasukan elit PLN UID Sumbar dibekali pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai personil tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (ANTARA/HO-PLN)


Pekerjaan ini dilakukan dalam keadaan bertegangan tanpa melakukan pemutusan aliran listrik ke 1500 rumah pelanggan yang terhubung dengan feeder tersebut.

Dengan pelatihan ini, lanjut Eric, PLN UID Sumbar berupaya meningkatkan kompetensi personil PDKB, khususnya dalam mengoperasikan Kendaraan PDKB Tegangan Menengah (TM) Sentuh Langsung, yang merupakan barang baru di PLN UID Sumbar.

Pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan kerjasama tim, serta menumbuhkan motivasi agar terus memberikan kontribusi terbaik kepada perusahaan.

Kompetensi dan kerjasama yang baik antar personil PDKB, menurut Eric, akan berdampak signifikan pada peningkatan kinerja perusahaan dalam menjaga keandalan pasokan tenaga listrik kepada masyarakat Sumatera Barat.*

Pasukan elit PLN UID Sumbar dibekali pelatihan untuk meningkatkan kompetensi sebagai personil tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (ANTARA/HO-PLN)