Kejari Pasaman Barat gandeng pramuka lakukan aksi bersih Pantai Sikabau

id Kejari Pasaman Barat ,Berita pasbar,Berita sumbar

Kejari Pasaman Barat gandeng pramuka lakukan aksi bersih Pantai Sikabau

Anggota pramuka saat memungut sampah di sepanjang Pantai Sikabau Kecamatan Parit Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dalam aksi bersih pantai dalam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023, Rabu (19/7/2023). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Pasaman Barat, Sumatera Barat menggelar aksi bersih Pantai Sikabau Kecamatan Parit Koto Balingka dengan menggandeng anggota Pramuka Kwartir Cabang 0317 Pasaman Barat.

"Kegiatan ini alam rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023. Aksi bersih pantai ini merupakan upaya membangun kesadaran pentingnya kebersihan salah satunya di objek wisata," kata Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Barat Muhammad Yusuf Putra di Simpang Empat, Rabu.

Menurutnya ada sekitar 200 anggota pramuka dilibatkan dalam aksi bersih pantai yang dilakukan dengan memungut berbagai sampah seperti sampah plastik.

Dengan membawa karung, anggota pramuka melakukan aksi bersih pantai dengan memungut berbagai sampah di sepanjang Pantai Sikabau.

"Ini adalah bentuk aksi membangun kesadaran menjaga kebersihan. Sejak dini peduli kebersihan harus dibina oleh kita semua," sebutnya.

Apalagi, katanya, Pantai Sikabau tidak kalah indahnya dengan pantai yang lainnya.

Pantai ini memiliki pasir yang putih, pemandangan indah, bentangan pantai yang memanjang dengan deburan ombak yang menjadi daya tarik wisatawan.

Ketua Kwarcab 0317 Pasaman Barat Risnawanto yang juga Wakil Bupati Pasaman Barat mengatakan aksi bersih pantai dilakukan dalam rangka menumbuhkembangkan kesadaran pentingnya kebersihan.

"Salah satu faktor penarik objek wisata adalah kebersihan. Untuk itu kita ingin menggugah kesadaran semua pihak agar menjaga kebersihan pantai," katanya.

Pihaknya secara bertahap akan terus membenahi objek wisata yang ada dengan melengkapi sarana prasarana dan infrastruktur di lokasi Pantai Sikabau.

Pantai Sikabau merupakan salah satu destinasi wisata pantai unggulan selain Pantai Sasak dan Pantai Air Bangis.

Pantai ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun di luar Pasaman Barat. Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang panjang dan luas dengan pemandangan yang indah menghadap Samudera Hindia.***3***