Sapa Jemaah Haji, Bupati Rusma Yul Anwar ingatkan agar jaga kesehatan

id Jemaah haji, Rusma Yul Anwar, Makkah, Tanah Suci

Sapa Jemaah Haji, Bupati Rusma Yul Anwar ingatkan agar jaga kesehatan

Bupati Rusma Yul Anwar menyapa jemaah haji asal Kabupaten Pesisir Selatan lewan Video Convrention (Vicon) pada Rabu (12/7) sore. (ANTARA/HO-Kominfo)

Painan (ANTARA) - Bupati Rusma Yul Anwar mengingatkan seluruh Jemaah Haji asal Kabupaten Pesisir Selatan, yang kini sedang melaksanakan ibadah haji agar selalu menjaga kesehatan dirinya selama berada di tanah suci Makkah dan Madinah.

"Saya berharap, seluruh jemaah asal Kabupeten Pesisir Selatan tetap sehat dan melaksanakan ibadah Haji dengan sempurna, dapat kembali lagi ke tanah air dan berkumpul dengan keluarga,"tuturnya.

Hal ini diungkapkan Bupati Rusma Yul Anwar pada acara Video Convrention (Vicon) "Sapa Jamaah Haji Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023 secara during (virtual) melalui apk zoom, yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (12/7) sore, di Vicon Room Painan Comvetion Centre (PCC), Jalan H Agus Salim Painan.

Turur hadir pada acara tersebut, adalah Kapolres Pessel AKBP. Novianto Taryono.SH,S.I.K,M.H, Dandim 0311/Kabupaten Pesisir Selatan, Kepala Instansi/Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, dan KUA se Kabupaten Pesisir Selatan dan pejabat terkait lainnya di jajaran Kamenag Kabupaten Pesisir Selatan.

Pada acara Sapa Jemaah Haji Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2023 ini, Bupati Rusma Yul Anwar sempat melakukan dialog langsung dengan PDH Kabupaten Pesisir Selatan, H Betriadi dan beberapa orang jemaah, yang tergabung dalam kloter (kelompok terbang) XVI Padang (Pesisir Selatan, Padang dan Mentawai).

Sementara itu PDH Kabupaten Pesisir Selaran, H.Betriadi melaporkan kondisi terkini jemaah haji asal Pesisir Selatan di tanah suci Makkah saat ini sangat baik dan telah menyelesaikan seluruh ritual suci ibadah haji yang diwajibkan, sesuai dengan syariat Islam.

"Seluruh jemaah haji Pesisir Selatan (Kloter XVI) selanjutnya akan diberangkatkan ke Minah, pada tanggal 22 Juli 2023, untuk melaksanakan ibadah sunah, sholat di Mesjid Nabawi,"ujarnya. Untuk kepulangan ke tanah air dijadwalkan akan dilakukan pada 31 juli 2023.

Dilaporkan, kondisi cuaca di Kota Medinah saat ini dirasakan agak lebih panas dari sebelumnya, dengan suhu di atas 40 derajat celsius.

Lebih lanjut, PHD Kabupaten Pesisir Selatan tersebut melaporkan, jemaah haji Pesisir Selatan itu tergabung dalam kloter XVI, jumlahnya 117 orang dan satu orang PHD sehingga seluruhnya 118 orang.

"Seluruh jemaah telah menuntaskan prosesi ibadah wajib (haji dan umrah wajib), termasuk lansia dan yang sakit,"terangnya. Jemaah Kabupaten Pesisir Selatan ini ditempatkan di Sektor IX Makkah, Hotel Taiseer Tower Jarwal Makkah.

Dijelaskan, Jema'ah Pesisir Selatan yang dirawat ada dua orang; yaitu Ibu Jasni (Bayang) dan Nurma (IV Jurai). Ibu Jasni dan Nurma saat ini sedang dalam proses usulan Tanazul Awal.

Hingga saat ini, jamaah Kabupaten Pesisir Selatan yang wafat di tanah suci sudah dua orang, yakni Izwar Aziz (Painan, IV Jurai) yang wafat pada 5 juli 2023, jam 02.00 WAS (Waktu Arab Saudi) dan Nursiam pada tanggal 9 Juli 2023, jam 17.00 WAS.