Dinsos Kota Solok salurkan bantuan Kemensos RI untuk penderita luka baring

id Dinsos Kota Solok, salurkan bantuan, Kemensos RI, untuk penderita, luka baring

Dinsos Kota Solok salurkan bantuan Kemensos RI untuk penderita luka baring

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra saat menyalurkan bantuan untuk warga yang membutuhkan di kota itu (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Solok menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial RI kepada salah seorang warga di kota itu yang merupakan pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) serta menderita penyakit luka baring (Decubitus).

Kepala Dinas Sosial melalui Pekerja Sosial Muda Nemi Satrina di Solok, Jumat mengatakan bantuan sosial yang diterima salah seorang warga tersebut merupakan hasil respons kasus laporan dari Command Centre Kementerian Sosial RI yang dilakukan secara mandiri oleh anak bungsu PPKS pada 30 Mei 2023.

Sakit PPKS bermula dari meninggalnya suami yang merupakan tulang punggung keluarga dan mengakibatkan mengalami gangguan jiwa sehingga harus minum obat rutin.

Efek dari minum obat kejiwaan tersebut PPKS jadi sering banyak tidur. Karena kurangnya perhatian keluarga yang mengakibatkan munculnya luka di punggung beliau.

Keluarga PPKS adalah keluarga pra sejahtera, bahkan untuk kebutuhan sehari- hari sekarang di tanggung oleh anak bungsu yang hanya bekerja sebagai tukang ojek.

"Dia memiliki empat orang anak, tiga orang lainnya merantau. PPKS sudah di bawa anak berobat ke Puskesmas dan RSUD M Natsir," ujar dia.

Dokter untuk terus membersihkan lukanya tersebut dan membelikan Decubitus bed (Kasur Decubitus) namun sampai sekarang si anak belum bisa membeli karena terkendala masalah keuangan.

Karena keadaan PPKS makin hari makin parah. Sehingga mengharuskan anak mengurus PPKS dengan lebih baik lagi menyebabkannya jarang mengojek yang mengakibatkan menurunnya penghasilan keluarga.

Lebih lanjut, Nemi mengatakan sebelum bantuan diserahkan, dilakukan koordinasi dengan Lurah, Koordinator Kota, dan Pendamping Sosial PKH untuk penanganan PPKS beserta keluarga yang mengidap penyakit Decubitus (Luka Baring).

“Kita pun melakukan penjangkauan dan asesmen terhadap PPKS di rumah PPKS untuk mengetahui kondisi dan perkembangan PPKS beserta keluarga PPKS," ujar dia.

Di hari ketiga diserahkan bantuan dari Kementerian Sosial RI berupa kebutuhan dasar (sembako, nutrisi) senilai Rp1.290.500, kasur decubitus senilai Rp800.000, dan kursi roda tiga in 1 senilai Rp2.650.000.

"Alhamdulillah selain bantuan dari Kemensos RI melalui BBPPKS Padang juga sudah dibantu oleh pemerintah daerah Kota Solok melalui Dinas Sosial (Gebuk Sakuku) senilai Rp1 juta dan juga dari Badan Amil Zakat Nasional Kota Solok senilai Rp1,5 juta dan Insyaallah akan dibantu setiap bulannya," ucap dia.

Ia berharap semoga bantuan tersebut bermanfaat untuk PPKS dan kepada anak PPKS agar selalu sabar dan tetap semangat dalam mengurus ibu yang sedang sakit serta tidak mudah berputus asa dalam menghadapi penyakit yang diderita ibunya.