Dinilai tim provinsi, PKK Nagari Lubuak Jantan Lintau Buo Utara siap jadi terbaik

id PKK Nagari Lubuak Jantan Lintau Buo Utara,Bupati Tanah Datar Eka Putra,Berita tanah datar,Berita sumbar,Stunting tanah datar

Dinilai tim provinsi, PKK Nagari Lubuak Jantan Lintau Buo Utara siap jadi terbaik

Dinilai tim provinsi, PKK Nagari Lubuak Jantan Lintau Buo Utara siap jadi terbaik (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Nagari Lubuak Jantan, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar dinilai tim dari provinsi pada ajang lomba gerakan PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat pada Rabu, (31/5).

Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra di Batusangkar, mengatakan pada penilaian PKK berprestasi tersebut, Nagari Lubuak Jantan siap menjadi terbaik diantara yang baik di Sumatera Barat.

"Dengan segala daya dan upaya yang telah diusahakan kita optimis Nagari Lubuk Jantan bisa berkiprah di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional," kata dia.

Dia mengatakan penilaian ini merupakan ajang dalam memantau dan mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program pokok PKK di Nagari yang ada di kabupaten Tanah Datar.

Dia menyebut, ada beberapa penilaian yang akan dinilai pada penilaian tersebut, diantaranya bidang kelembagaan administrasi, penilaian lomba Pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (Paredi), penilaian Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) penilaian kawasan PKK dan penilaian PHBS.

"Saya berharap penilaian ini tidak hanya sebatas seremonial saja melainkan betul-betul tertanam dan terealisasi di hati dan perilaku masyarakat," kata dia.

Ketua Tim Penilai yang juga ketua TP-PKK Provinsi Ny. Harneli mengatakan penilaian tersebut selain silaturahmi antara TP-PKK Provinsi dengan Kabupaten Kota juga merupakan evaluasi 10 program pokok PKK dengan program-program unggulan yang baik.

Pada kesempatan itu, Harneli juga mengingatkan kader PKK di nagari terkait pentingnya ketahanan keluarga dan pola asuh dalam mengatasi stunting.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan, penilaian tersebut diharapkan memotivasi kader PKK sehingga mampu tumbuh menjadi ujung tombak dalam mendukung program pemerintah.

PKK sangat berperan penting dalam penurunan stunting, angka kematian ibu, dan bayi, penyediaan sanitasi yang layak dan lainnya.

"Saya berpesan ada tidak adanya penilaian ini kita tetap bekerja, pada dasarnya bukan kemenangan yang kita inginkan juga bukan seremonial penilaian saja tapi bagaimana 10 program pokok PKK itu terealisasi di tempat kita" kata dia.