Kebakaran landa kawasan padat penduduk di Siteba Padang

id damkar padang,kebakaran padang,siteba padang,kawasan padat penduduk di padang

Kebakaran landa kawasan padat penduduk di Siteba Padang

Petugas melakukan pemadaman pada kebakaran yang terjadi di Jalan Payakumbuh, Siteba, Kecamatam Nanggalo, Padang, Kamis (25/5). ANTARA/HO-DAMKAR

Padang (ANTARA) - Kebakaran melanda kawasan padat penduduk di Jalan Payakumbuh, Siteba, Kecamatan Nanggalo, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sekitar pukul 14.15 WIB.

Akibatnya lima unit rumah warga hangus karena amukan si jago merah. Kejadian tersebut juga sempat menimbulkan kekhawatiran dan cemas bagi warga setempat.

"Lima unit rumah warga rusak berat dalam kejadian ini, kerugian ditaksir lebih dari satu miliar rupiah," kata Kepala Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Padang Sutan Hendra di Padang, Kamis.

Untuk melakukan pemadaman api pihaknya mengerahkan delapan unit armada dengan tujuh puluh personel ke lokasi kejadian.

Hal itu, kata dia, dilakukan untuk mengendalikan situasi dan melakukan pemadaman secepatnya, mengingat situasi setempat adalah kawasan yang padat rumah penduduk.

"Beruntung api bisa segera dipadamkan oleh petugas sehingga tiga belas rumah yang berdekatan dengan objek yang terbakar bisa diselamatkan," kata Sutan Hendra.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kata dia, para penghuni dari lima unit rumah yang terbakar sebanyak lima Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsikan diri.

Upaya pemadaman berlangsung sekitar satu jam oleh petugas, hingga akhirnya amukan si jago merah berhasil dijinakkan sekitar pukul 15.07 WIB.

Selain Dinas Pemadam Kebakaran Padang, upaya pemadaman juga melibatkan personel Kepolisian, BPBD, PMI, warga setempat, dan lainnya.

Terkait penyebab kebakaran saat ini, menurut dia, belum bisa dipastikan karena masih menunggu penyelidikan dari Kepolisian.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kawasan padat di Padang terbakar, kerugian ditaksir di atas Rp1 miliar