Jaga ketersediaan darah, PMI Pasaman giatkan DDS di Kecamatan hingga nagari

id PMI Pasaman,berita pasaman,Sabar AS,berita sumbar,donor darah pasaman

Jaga ketersediaan darah, PMI Pasaman giatkan DDS di Kecamatan hingga nagari

Ketua PMI Pasaman, Sabar AS saat meninjau langsung aksi donor darah disela-sela pelantikan PMI Kecamatan (ANTARA/IST)

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman dibawah kepemimpinan Sabar AS terus membuktikan komitmennya dalam pemenuhan ketersediaan darah dengan menggiatkan Donor Darah Sukarela (DDS) di Tingkat Kecamatan hingga Nagari didaerah tersebut.

Sabar AS mengatakan bahwa saat ini program prioritas PMI setempat menyediakan darah sebanyak-banyaknya agar tidak ada lagi masyarakat Pasaman yang kesulitan saat membutuhkan di Rumah Sakit.

"Pertama, kita perkuat pengurus PMI di tiap Kecamatan se Kabupaten Pasaman. Hingga saat ini sudah kita lantik pengurus PMI Kecamatan Dua Koto, Simpati, Tigo Nagari, dan Lubuk Sikaping. Dimomen pelantikan ini juga kita lakukan gebyar donor darah, rata-rata mencapai 20 kantong disetiap pelantikan. Kecamatan lain dalam waktu dekat juga akan kita lantik secara bergilir, agar misi Kemanuasiaan ini terlaksana hingga Kecamatan dan Nagari," kata Sabar AS, Kamis (25/5).

Adanya pengurus PMI Kecamatan akan mempermudah pembentukan Kelompok Pendonor, Donor Darah Sukarela (DDS) ditiap kenagarian dan aktivitas Palang Merah Remaja (PMR) yang berada di Sekolah.

"Kita aktifkan kelompok pendonor seperti Donor Darah Sukarela (DDS) dan Palang Merah Remaja (PMR)," tambah Sabar AS.

Ia mengatakan bahwa misi kemanusiaan ini akan menjadi agenda rutin dan wadah gontong royong dan saling menolong sesama manusia.

Sehingga keberadaan dan rasa saling tolong menolong menjadi gaya hidup masyarakat Pasaman kedepan melalui wadah PMI Pasaman.

"PMI Pasaman wadah pemersatu dan saling tolong menolong masyarakat Pasaman melalui donor darah," ungkapnya.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh ASN dan masyarakat Pasaman untuk berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk misi kemanusiaan.

"Agar PMI Pasaman punya cadangan darah yang banyak dan bisa mengatasi kebutuhan darah yang dibutuhkan masyarakat Pasaman," katanya.

Diharapkan target pemenuhan kebutuhan darah bagi pasien dan masyarakat Pasaman dapat tercapai.

"Dimana kondisi kesulitan mendapatkan darah selama ini menjadi penderitaan dan momok yang dialami masyarakat. PMI Pasaman terus berupaya mengatasi kelangkaan darah tersebut sebagai misi kemanusiaan dan kemaslahatan umat," katanya.

Selain donor darah, prioritas PMI Pasaman terus bergerak dalam bidang tanggap bencana, baik pada tahap tanggap darurat maupun pasca bencana seperti yang terlaksana di Malampah dan misi kemanusiaan lainnya.