Liga Futsal Nusantara zona Sumbar 2023 resmi bergulir

id Sumbar,Liga Futsal Nusantara, Sumbar

Liga Futsal Nusantara zona Sumbar 2023 resmi bergulir

Ketua AFP Sumbar H Yasman Yanusar bersama pengurus memberikan bola kepada wasit sebagai tanda kompetisi Liga Futsal Nusantara (LFN) zona Sumbar dimulai (ANTARA/HO AFP Sumbar)

Padang (ANTARA) - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat resmi menggulirkan Liga Futsal Nusantara (LFN) 2023 yang digelar di Lapangan Rafhely Bypass Kota Padang pada Rabu (10/5) hingga Selasa (16/5).

Ketua AFP Sumatera Barat Yasman Yanusar di Padang, Rabu mengatakan total ada 16 tim dari 25 klub anggota AFP Sumbar berkompetisi pada LFN Provinsi Sumbar musim ini.

"Kompetisi akan berlangsung dari tanggal 10 Mei hingga 16 Mei 2023. Sebanyak 16 tim itu dibagi ke dalam empat grup yang masing-masing grup terdiri dari 4 tim. Juara dan runner-up tiap grup akan lolos ke babak 8 besar. Di Babak 8 Besar dengan sistim gugur, empat tim pemenang lanjut ke semi final lalu partai final," kata dia.

”Nantinya yang keluar sebagai juara di LFN Provinsi Sumbar 2023 ini berhak mewakili Provinsi Sumbar untuk berlaga di babak 34 besar Regional Sumatera yang berlangsung di Provinsi Sumatera Selatan, pada Juni 2023” kata dia menjelaskan.

Ia mengatakan di hari pertama pertandingan pada Rabu (10/5) ini sudah ada delapan pertandingan yang berjalan di setiap grup, untuk Grup A Satelite FC mengalahkan Gema FC Bonjol 4-0 dan Vamos FC Padang menang tipis 1-0 atas IKASMA2 PDG. Di Grup B Kota Bukittinggi kalah tipis dari My Team Padang 1-2 dan Futsal 50 Kota Kopi Mos kalah 2-4 dari Tanah Datar.

Kemudian di Grup C ada PSR EKS PDG menang tipis 2-1 atas Kota Payakumbuh dan Kota Sawahlunto harus mengakui keunggulan SF Spartack 2-4 lalu di Grup D tim Padang Pariaman menang 4-1 atas Kota Solok dan SS Kota Pariaman menang telak 7-2 atas CA NKRI.

Ia mengatakan sesuai regulasi yang telah ditetapkan panitia pusat, pemain yang berlaga di LFN harus usia di bawah 23 tahun dan ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit pemain futsal di Indonesia, khususnya Provinsi Sumbar.

Dirinya optimistis dengan banyaknya pemain bertalenta yang dimiliki oleh tim-tim yang berlaga di Liga Futsal Nusantara zona Sumbar ini, perwakilan Sumbar nantinya akan bisa berbicara banyak di babak 34 besar Regional Sumatera.

”Tentunya target kami semoga perwakilan Sumbar nantinya bisa menjadi juara atau runner-up di Regional Sumatera sehingga bisa masuk ke Liga Futsal profesional nantinya,” kata dia.

Ia mengatakan di LFN 2022, Rafhely FC Padang menjuarai Liga Futsal Nusantara dan mewakili Sumbar ke babak 34 besar nasional di Medan. Sewaktu babak 8 besar, Rafhely FC juga muncul sebagai peringkat teratas grup A dari 8 klub juara se-Sumatera, minus Lampung.

"Tahun ini, juara bertahan Rafhely FC absen," kata dia.

Pembagian Grup Liga Futsal Nusantara Zona Sumbar 2023

Grup A: Satelite FC Padang, Gema FC Bonjol Pasaman, Vamos FC Padang, Futsal IKASMA 2 Padang. Grup B: Futsal Kota Bukittinggi, My Team FC Padang, Futsal 50 Kota Kopi Mos, Futsal Tanah Datar

Grup C: PSR EKS FC Padang, Futsal Kota Payakumbuh, Futsal Kota Sawahlunto, SF SPARTACK'S Sumbar. Grup D: Futsal Padang Pariaman, Futsal Kota Solok, SS Futsal Kota Pariaman, CA – NKRI Padang.***3***