Wako Pariaman ajak perantau bantu tingkatkan pembangunan daerah

id Pariaman,Sumbar,Padang,pariaman

Wako Pariaman ajak perantau bantu tingkatkan pembangunan daerah

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (kiri) menyambut kendatangan perantau yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Kecamatan IV Koto Aur Malintang (IKAKO AMAL) dari beberapa daerah di Indonesia, bertempat di Terminal Jati Kota Pariaman, Senin (23/4/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengajak perantau yang pulang kampung pada kesempatan Mudik Lebaran 2023 membantu meningkatkan pembangunan dan perekonomian di daerah tersebut.

"Pembangunan kampung halaman tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga tanggung jawab kita bersama. Kerja sama yang baik antara perantau dan masyarakat yang tinggal di ranah dapat menghasilkan program yang meningkatkan perekonomian daerah,” kata Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan saat ini Pariaman telah menjelma menjadi kota destinasi wisata unggulan dengan jumlah kunjungan wisatawan meningkat setiap tahunnya sehingga memerlukan pembangunan sarana pendukung dari perantau.

Perantau, kata dia, juga dapat membantu mempromosikan pariwisata di daerah sehingga kunjungan wisatawan semakin meningkat dan berdampak pada perekonomian masyarakat di kampung halaman.

Perantau juga bisa membeli produk produksi pelaku usaha mikro kecil menengah di daerah itu dan mempromosikannya di perantauan.

"Kalau bisa sering-sering pulang kampung, berbelanja dan berwisata biar uang mereka juga dapat dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Ia menyampaikan pihaknya memiliki banyak program untuk meningkatkan pembangunan di daerah yang memerlukan kontribusi dari para perantau.

Program tersebut mulai dari peningkatan pembangunan fisik hingga non fisik atau peningkatan sumberdaya manusia di daerah melalui peningkatan pendidikan bagi warga ekonomi lemah.

Ia menyebutkan adapun program tersebut yaitu di antaranya Satu Keluarga Satu Sarjana dan pembangunan jalan non budgeter atau tanpa dianggarkan APBD yang saat ini sudah 22 ruas jalan.

Sebelumnya, Wako Pariaman Genius Umar menyambut kedatangan perantau yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Kecamatan IV Koto Aur Malintang (IKAKO AMAL) dari beberapa daerah di Indonesia, bertempat di Terminal Jati Kota Pariaman, Senin (23/4).

"Kami menyambut baik Pulang Basamo yang diprakarsai oleh IKAKO AMAL ini, salut dengan kekompakan atas kebersamaan di rantau. Padahal berasal dari beberapa daerah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Aceh, Duri, Dumai dan Pekanbaru, semoga silaturahmi ini antara ranah dan rantau terus terjalin,” kata Genius Umar.

Pulang Basamo IKAKO AMAL 2023 menggunakan mobil berjumlah 130 mobil pribadi ditambah dengan dua buah bus pariwisata.*