Dua unit bangunan di Pasaman Barat hangus terbakar satu hari jelang lebaran

id Berita pasbar,Berita sumbar,PMI Pasaman Barat,Kebakaran pasbar

Dua unit bangunan di Pasaman Barat hangus terbakar satu hari jelang lebaran

Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Rimbo Canduang Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat. (Antara/Altas Maulana).

Simpang Empat (ANTARA) - Dua unit bangunan yang terdiri dari bengkel las dan rumah di Rimbo Canduang Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat hangus terbakar satu hari jelang Lebaran 2023, Jumat.

Pejabat Wali Nagari Lingkuang Aua Baru Mita di Simpang Empat, Jumat, mengatakan pemilih dua bangunan itu adalah Jupriadi (41) dan Yuliarni (39) dan satu rumah lagi milik Beni Suhendra (39) dan Erma Wanita (37).

Menurutnya kejadian itu datang secara tiba-tiba mengejutkan warga Rimbo Canduang.

Api datang secara tiba-tiba dengan cepat membakar dua unit bangunan yang saling berdekatan itu.

"Api pertama muncul dari rumah semi permanen dan melebar ke bangunan bengkel yang berada di sampingnya. Bangunan yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar dan menghanguskan rumah itu," katanya.

Pada musibah itu, katanya, tidak ada korban jiwa karena penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri namun semua isi rumah hangus terbakar termasuk satu unit becak dan perlengkapan bengkel.

Memang, katanya, satu unit mobil pemadam kebakaran berupaya memadamkan api namun karena cuaca panas api cepat membesar.

Hingga saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab kebakaran itu dan berapa kerugian pemilih rumah

"Sementara waktu pemilik rumah bersama anggota keluarganya untuk sementara tinggal di rumah keluarga terdekat," ujarnya.

Sementara itu Ketua Palang Merah Indonesia Pasaman Barat Risnawanto mengatakan sangat prihatin apa yang dialami warga sehari jelang lebaran.

"Mendengar ada kebakaran saya langsung memanggil anggota PMI untuk segera menyerahkan sejumlah bantuan kepada korban kebakaran," katanya.

Ia langsung menyerahkan sejumlah bantuan makanan dan peralatan bagi korban kebakaran.

"Semoga sedikit bantuan ini dapat mengobati rasa duka korban. Kepada warga diharapkan tetap waspada dengan kebakaran jika meninggalkan rumah pastikan listrik dan kompor gas telah padam," ajaknya.***2***