Pemkab Agam gelar bazar pasar murah jelang Idul Fitri

id Pemkab Agam gelar bazar ,Pasar murah agam,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam gelar bazar pasar murah jelang Idul Fitri

Warga sedang membeli bahan kebutuhan pokok di bazar pasar murah di GOR Rang Agam, Kamis (13/4). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menggelar bazar pasar murah di parkiran Gor Rang Agam, Kamis (13/4) dalam rangka untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok di daerah itu menjelang Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam, Rosva Deswira di Lubukbasung, Kamis, mengatakan bahan kebutuhan yang disediakan berupa beras, minyak goreng, sirup, tepung, telur, cabai, bawang merah dan lainnya.

"Harga kebutuhan yang dijual saat bazar itu dibawah harga tingkat pasar," katanya.

Ia mengatakan, bazar pasar murah itu bekerja sama dengan Tokoh Tani Indonesia Center (TTIC), Perum Bulog dan kelompok tani penghasil pangan segar yang telah bersertifikat.

TTIC, tambahnya, menyediakan bahan kebutuhan pokok berupa cabai merah, tepung, minyak goreng, beras, gula, ikan kaleng, sirup dan lainnya.

Sementara Perum Bulog menyediakan beras premium dan kelompok tani penghasil pangan segar yang telah bersertifikat menyediakan sayur-sayuran.

"Kita telah melakukan kerjasama dengan penyediaan kebutuhan pokok tersebut dan kegiatan harus terjadwal, karena permintaan kabupaten dan kota cukup banyak untuk melakukan bazar tersebut," katanya.

Koordinator Tokoh Tani Indonesia Center (TTIC), Syaiful Khaidir menambahkan TTIC melayani bazar pasar murah setiap hari dimulai semenjak awal Ramadhan.

"Pada Kamis (13/4), kita melayani bazar pasar murah di Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Pariaman dan Padang," katanya.

Ia mengakui, antusias masyarakat di Agam cukup tinggi saat kegiatan bazar pasar murah tersebut, karena mereka sudah menunggu dari pukul 07.30 WIB, sehingga sampai di lokasi pada pukul 08.00 WIB, langsung dibuka.

Untuk harga bahan kebutuhan pokok disediakan berupa minyak goreng camar dengan harga Rp17 ribu per liter dan harga pasaran Rp19 ribu per liter, minyak sari murni Rp34 ribu kemasan dua liter dan harga pasaran Rp36 ribu kemasan dua liter, gula Rp14 ribu per kilogram dan harga pasaran Rp16 ribu per kilogram, cabai merah Rp28 ribu per kilogram dan harga pasaran Rp31 ribu per kilogram dan lainnya.