Pariaman buka delapan objek wisata pada libur lebaran

id objek wisata pariaman,pemko pariaman,berita pariaman,berita sumbar, Pariaman Culture Every Week, Fun Tenis, Pariaman Photography Contest Friendship 20

Pariaman buka delapan objek wisata pada libur lebaran

Ilustrasi - Wisatawan memadati objek wisata Pantai Gandoriah di Kota Pariaman, Sumatera Barat pada libur lebaran 2019. (ANTARA/Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka delapan objek wisata pada Festival Pantai 'Piaman Barayo' saat libur lebaran mulai dari 23 April sampai 7 Mei 2023 guna mengantisipasi banyaknya wisatawan yang mengunjungi kota tabuik tersebut.

“Hampir sama dengan tahun kemarin, kami kembali membuka delapan objek wisata resmi untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung pada saat libur lebaran dan pesta pantai,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra di Pariaman, Rabu.

Ia menyebutkan delapan objek wisata tersebut yaitu Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar. Delapan objek wisata akan tersebut akan disediakan berbagai hiburan sedangkan hiburan utama dipusatkan di Pantai Gandoriah.

Ia menyampaikan Pemkot Pariaman menerapkan tiket masuk sebesar Rp5 ribu per orang untuk memasuki kawasan objek wisata tersebut yang hal tersebut sesuai dengan peraturan daerah.

Ia mengatakan semua objek wisata yang dibuka tersebut akan diawasi oleh personil gabungan yang telah ditugaskan mulai dari aparat kepolisian, TNI, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, hingga Dinas Kesehatan.

Pemkot Pariaman juga membuat rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan khususnya untuk Pantai Gandoriah karena objek wisata itu menjadi titik ramai kunjungan wisatawan.

“Kita juga telah menyiapkan titik-titik parkir untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, sehingga untuk mengurai kepadatan kendaraan,” katanya.

Untuk tarif parkir selama 'Piaman Barayo' Tahun 2023 di objek wisata kendaraan roda 4 dan sejenisnya dikenakan retribusi Rp10 ribu per kendaraan, kendaraan roda 2 dikenakan Rp5 ribu per unit, dan bus pariwisata Rp25 ribu per unit.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menjadwalkan 26 kegiatan wisata pada 2023 guna menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional ke daerah itu.

"Jumlah kegiatan itu khusus untuk pariwisata saja, kegiatan lainnya seperti kegiatan olahraga juga akan dilaksanakan di Pariaman," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat Peluncuran Calender of Event Wisata dan Sinkronisasi Calender of Event kabupaten dan kota se-Sumbar di Pariaman.

26 kegiatan wisata tersebut yaitu diantaranya Pariaman Culture Every Week, Fun Tenis, Pariaman Photography Contest Friendship 2023, dan Angso Duo Island Festival, dan Festival Pantai.