Puluhan turis dari kapal pesiar Seabourn Soujourn berencana kunjungi Tanah Datar

id kapal pesiar Seabourn Soujourn ,pariwisata tanah datar,berita sumbar

Puluhan turis dari kapal pesiar Seabourn Soujourn berencana kunjungi Tanah Datar

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Agung Indrianto (dua dari kiri) didampingi Sekretarisnya dikunjungi Dirut PT. Ermi Armaya Tours and Travels beserta tim (Antara/HO)

Batusangkar (ANTARA) - Puluhan wisatawan mancanegara dari kapal pesiar mewah Seabourn Soujourn telah merencanakan untuk mengunjungi Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat pada awal April 2023 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Agung Indrianto di Batusangkar Selasa, mengatakan info kunjungan tersebut disampaikan langsung oleh Dirut PT. Ermi Armaya Tours and Travels beserta tim saat kunjungan ke Batusangkar beberapa waktu lalu.

"Direncanakan ada sekitar 50 orang turis akan turun melakukan day trip ke Istano Basa Pagaruyuang dan Nagari Terindah Pariangan," kata Agung

Ia menjelaskan, sebelum mengunjungi Kabupaten Tanah Datar, wisatawan mancanegara dari kapal pesiar mewah Seabourn Soujourn tersebut akan berangkat dari Pelabuhan Benoa Bali.

Dari Benoa Bali singgah di beberapa pelabuhan di Pulau Jawa dan kemudian bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur di Padang.

"Di Teluk Bayur, direncanakan sebanyak 50 orang dari total 600 penumpang akan turun melakukan day trip ke Istano Basa Pagaruyuang dan Nagari Terindah Pariangan," jelasnya.

Ia berharap, kunjungan perdana wisatawan mancanegara dari Kapal Pesiar Seabourn Soujourn berjalan lancar sesuai rencana dan semua pesertanya puas.

Dalam memberikan pelayanan ke masyarakat kata dia, Dinas Pariwisata Tanah Datar telah berkoordinasi dengan pengelola destinasi wisata agar memberikan pelayanan yang terbaik.

"Kami mengapresiasi PT. Ermi Armaya Tours and Travels yang telah menawarkan paket wisata kunjungan ke Tanah Datar. Semoga kunjungan ini berjalan lancar dan kedepannya bisa menjadi agenda rutin dan mendatangkan lebih banyak lagi peserta," kata Agung.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, meminta kepada dinas terkait seperti dinas Parpora, dinas Perhubungan, Satpol PP dan instansi vertikal lainnya untuk mengawasi pengelolaan destinasi wisata.

"Mulai dari kebersihan toilet, pencegahan kemacetan, rambu-rambu lalu lintas, serta keamanan dalam menyambut pengunjung," kata dia.