Pemkab Tanah Datar alokasikan Rp560 juta bantu masjid selama Safari Ramadhan

id tanah datar

Pemkab Tanah Datar alokasikan  Rp560 juta bantu masjid selama Safari Ramadhan

Dokumentasi Bupati Tanah Datar Eka Putra pada Safari Ramadhan tahun 2022. (ANTARA/HO)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, akan memberikan bantuan sebesar Rp560 juta untuk puluhan masjid yang ada di daerah itu selama Ramadhan 1444 Hijriyah atau tahun 2023.

Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Tanah Datar Ali Nardius, di Batusangkar Jum'at, mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan melalui Tim Safari Ramadhan kabupaten dengan pembagian masing-masing Masjid mendapatkan Rp10 juta.

"Jadi untuk jumlah masjid yang mendapatkan bantuan berjumlah 56 unit, dan masing-masingnya mendapatkan Rp10 juta, sehingga jumlah yang kita salurkan pada tahun ini senilai Rp560 juta," katanya.

Dia menjelaskan, untuk 56 masjid tersebut terdiri dari 40 masjid akan dikunjungi oleh Tim Safari Ramadhan reguler, dan sebanyak 16 masjid akan didatangi Tim Safari Ramadhan khusus.

Adapun Tim Safari Ramadhan reguler terdiri dari pimpinan daerah beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan jumlah 20 tim, sedangkan Tim Safari Ramadhan khusus hanya diikuti bupati dan wakil bupati saja.

Untuk agenda Safari Ramadhan tersebut akan dilaksanakan serentak selama dua hari untuk tim reguler, dimulai pada 29 hingga 30 Maret 2023.

"Sementara untuk agenda tim khusus yang akan dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati, jadwalnya akan menyesuaikan kembali," kata dia.

Ia menyebut, salah satu tujuan dari Safari Ramadhan tersebut adalah dalam meningkatkan hubungan silaturahmi dan ukhuwah Islamiyyah antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat Tanah Datar.

"Tujuannya selain dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadhan tentunya juga dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyyah antara pemerintah dengan masyarakat," kata dia.

Diketahui, untuk Safari Ramadhan tersebut Bupati Eka Putra sebagai ketua tim satu bakal berkunjung ke Masjid Taqwa Koto Tuo Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung, dan Masjid Al Qubro Nagari Pangian Kecamatan Lintau Buo

Sedangkan tim dua yang pimpinan Wakil Bupati Richi Aprian bakal mengunjungi Masjid Baitul Makmur Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, dan Masjid Al Hidayah Kapuah Nagari Tanjung Barulak Kecamatan Batipuh.