PWI Sumbar minta pengurus daerah bekali wartawan muda

id pwi sumbar,wartawan muda,pwi agam

PWI Sumbar minta pengurus daerah bekali wartawan muda

Ketua PWI Sumbar Basyir Basyar saat pelantikan pengurus PWI Agam di aula Dinas Kesehatan Agam, Selasa (21/3). (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung,  (ANTARA) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat Basyir Basyar meminta pengurus PWI kabupaten dan kota untuk merekrut dan membekali wartawan muda dengan pelatihan, agar mereka menjadi pewarta yang profesional.

"Berikan pembekalan pada wartawan muda dengan mengadakan pelatihan, mengikuti Karya Latih Wartawan (KLW) dan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW)," katanya setelah melantik pengurus PWI Agam periode 2023-2026 di Lubukbasung, Selasa.

Ia mengatakan, pelatih yang diadakan itu untuk membekali mereka tentang ilmu umum, profesi, wawancara dan cara menulis berita dengan benar.

Setelah itu, tingkatkan hubungan silaturahmi dengan stakeholder dan seluruh pihak, karena ini sangat penting.

"Kemitraan itu juga sebagai penilaian saat mengikuti UKW dan kita bisa gagal apabila kemitraan kurang," katanya.

Ia berharap pengurus PWI Agam untuk segera menyusun program kerja untuk tiga tahun mendatang.

Sementara Ketua PWI Agam Romi Firmasyah menambahkan akan melakukan rapat kerja dalam menyusun program kerja setelah pelantikan pengurus ini.

"Rapat kerja bakal kita lakukan dalam waktu dekat dalam menyusun program apa saja yang bakal dilakukan nantinya setiap bidang," katanya.

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Sekretariat Daerah Agam Rahman mengucapkan selamat kepada pengurus PWI Agam yang baru dilantik dan berharap program kerja PWI Agam bisa sinergi dengan program Pemkab setempat untuk Agam lebih maju.

Sinergitas program dengan PWI sangat dibutuhkan, karena organisasi PWI ini bukan muncul begitu saja, tetapi organisasi profesional.

"Sinergitas sangat dibutuhkan untuk membangun Agam lebih maju, " katanya.