Lapas Talu Pasaman Barat usulkan TPS khusus Pemilu 2024

id lapas talu,tps khusus,pemilu 2023

Lapas Talu Pasaman Barat usulkan TPS khusus Pemilu 2024

Lembaga Permasyarakatan Kelas III Talu di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat saat koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pasaman Barat mengenai persiapan Pemilu 2024. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Lembaga Permasyarakatan Kelas III Talu di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengusulkan Tempat Pemungutan Suara khusus pada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Usulan telah kita sampaikan ke Komisi Pemilihan Umum Pasaman Barat untuk disediakan TPS khusus Pemilu 2024 karena potensial pemilih mencapai 138 orang," kata Kepala Lapas Kelas III Talu Donni Isa Dermawan di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya TPS khusus di dalam Lapas itu maka warga binaan saat melakukan pencoblosan tidak perlu keluar lagi.

"Kami telah berkoordinasi dengan KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar nanti hak-hak warga binaan untuk pencoblosan dapat terakomodir," ujarnya.

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin membenarkan ada permohonan TPS khusus di Lapas Talu untuk Pemilu 2024.

"Sampai saat ini baru satu permohonan TPS khusus yang kami terima. Sebab, pemilih 100 orang ke atas bisa mengusulkan TPS khusus," katanya.

Menurutnya tempat potensial diadakannya TPS khusus seperti Lapas, rumah sakit dan perusahaan kelapa sawit.

Terhadap lokasi itu pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak rumah sakit dan perusahaan kelapa sawit mengenai TPS khusus.

Namun hingga saat ini baru Lapas Talu yang mengusulkan TPS khusus dan yang lainnya belum ada yang mengusulkan.

Pihaknya juga telah menuntaskan pelaksanaan pencocokan dan penelitian terhadap 307.586 orang pemilih untuk Pemilu 2024.

"Pencocokan dan penelitian 100 persen oleh 1.279 petugas pemutakhiran data pemilih sejak 13 Februari sampai 14 Maret 2023," katanya. *