Rektor Unand ingatkan wisudawan tetap tingkatkan kapasitas setelah wisuda

id Unand, wisuda 2023

Rektor Unand ingatkan wisudawan tetap tingkatkan kapasitas setelah wisuda

Wisuda II Unand tahun 2023. (ANTARA/Unand)

Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Prof Yuliandri mengingatkan 1.422 wisudawan dari berbagai strata pada wisuda II tahun 2023 untuk tetap meningkatkan kapasitas diri meskipun telah lulus dari perguruan tinggi.

"Kita berpesan pada wisudawan yang diwisuda hari ini terutama sarjana dan diploma agar tetap meningkatkan kapasitas diri karena apa yang di dapatkan di universitas baru modal awal untuk berkompetisi dalam dunia kerja," katanya di Padang, Sabtu.

Ia menyebut tantangan yang dihadapi saat ini semakin berat dengan berbagai perubahan yang juga semakin cepat. Karena itu peningkatan kapasitas diri adalah hal yang wajib untuk terus dikembangkan.

Selain kapasitas, integritas juga sangat dibutuhkan karena dunia saat ini tidak hanya membutuhkan orang yang pintar, tetapi juga orang yang baik.

Menurutnya selain berkompetisi memasuki dunia kerja, ada pilihan lain yang bisa diambil oleh para lulusan yaitu melanjutkan pendidikan ke strata yang lebih tinggi. Diploma ke sarjana, sarjana ke magister dan seterusnya.

Hal itu masih masuk kerangka pengembangan kapasitas dan potensi yang ada sehingga bisa memiliki modal lebih besar untuk nanti masuk ke dunia kerja.

Selain itu para lulusan juga bisa memilih untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Hingga saat ini cukup banyak lulusan Unand yang mengembangkan potensi dengan membuka lapangan kerja sendiri.

Unand menurutnya sejak dua tahun terakhir telah mulai melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sasarannya bertujuan untuk mendorong lulusan agar bisa membuka lapangan pekerjaan setelah lulus dari jenjang pendidikan.

"Banyak usaha rintisan yang bahkan telah mulai dibangun sejak mereka masih berstatus mahasiswa. Ini bisa terus dikembangkan ke depan bahkan Unand membuka ruang untuk membantu menfasilitasi dengan perbankan," ujarnya.

Iapun berharap semua lulusan yang diwisuda bisa memberikan yang terbaik untuk diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara.*