Begini acara Pemkab Pesisir Selatan tingkatkan kunjungan wisatawan, desa wisata gelar banyak event

id Desa wisata, event lokal, megeri seribu pesona, Pokdarwis

Begini acara Pemkab Pesisir Selatan tingkatkan kunjungan wisatawan, desa wisata gelar banyak event

Bupati Rusma Yul Anwar tetapkan 23 Desa Wisata di Pesisir Selatan. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus meningkatkan kunjungan wisatawan, salah satunya mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menyiapkan event-event berbasis potensi desa.

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menyampaikan desa wisata simbol kebangkitan ekonomi nasional.

Jadi, desa (nagari adat,red) yang sudah bergabung dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada 2023, harus menyiapkan event-event sesuai dengan potensi lokal.

Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan selalu berupaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Negeri Sejuta Pesona.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mendorong Pokdarwis San Desa Wisata untuk menyiapkan event-event "Berbasis Desa Wisata".

Hal ini dilakukan juga merupakan upaya mensukseskan Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) pada 2023.

Event-event tersebut disamping untuk menjadi daya tarik di destinasi wisata tetapi yang tidak kalah penting adalah event itu juga merupakan branding daerah, makanya atraksi yang dimunculkan tetap mengutamakan kearifan lokal.

Salah satu Pokdarwis yang telah menyusun kalender eventnya adalah Pokdarwis Carocok Pantai Painan (CPP).

Ada event mingguan seperti Senam Sehat dan ada juga event musiman yang disesuaikan dengan kalender kunjungan wisatawan di Pantai Carocok seperti Libur Idul Fitri , Libur Sekolah, Nataru dan lainnya.

Kepala Disparpora Pessel Suhendri secara terpisah menambahkan dengan semakin banyaknya event-event berbasis desa wisata, maka kunjungan wisatawan akan meningkat dan menyebar pada 23 titik Desa Wisata yang sudah di SK kan oleh Bupati Pesisir Selatan.

"Pada 2022 dari target 1,2 juta jumlah kunjungan kita baru capai pada angka 895.000 pengunjung, mudah-mudahan untuk 2023 ini target tersebut bisa diwujudkan, karena Pemerintah Daerah akan tetap berbenah di beberapa destinasi pariwisata termasuk tentang Tata Kelola, Peningkatan SDM, Kebersihan dan CHSE nya,"katanya.*