Polres Pasaman Barat ajak media tangkal hoaks

id polres pasaman barat,hoaks,kamtibmas,wartawan

Polres Pasaman Barat ajak media tangkal hoaks

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki saat menggelar pertemuan dengan berbagai wartawan yang bertugas di Pasaman Barat, Jumat. (Antara/HO-Humas Polres Pasbar)

Simpang Empat (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat AKBP Agung Basuki menekankan peran media dalam menepis berbagai informasi yang kebenarannya tidak jelas atau informasi hoaks yang bisa membuat kegaduhan di tengah masyarakat.

"Peran media sangat penting dalam penyebaran informasi kepada masyarakat. Buatlah berita yang akurat, jelas, berimbang dengan nara sumber yang jelas sesuai kaidah jurnalistik," katanya saat bersilaturrahmi dengan berbagai media yang bertugas di Pasaman Barat, Jumat.

Menurutnya sebagai orang baru datang di Pasaman Barat tentu mengharapkan berbagai masukan dari berbagai media salam melaksanakan tugas kepolisian.

"Saya terbuka dan jika ada yang akan dikonfirmasikan silahkan saja. Kami juga ingin kemitraan antara Polres Pasaman Barat dengan berbagai media dapat terjalin dengan baik dan harmonis," harapnya.

Ia mengatakan dalam era demokrasi saat ini peran media sangat penting sebagai penyebar informasi ke tengah-tengah masyarakat termasuk menginformasikan tugas pihak kepolisian ke masyarakat.

"Buatkan berita yang akurat dan tidak hoak. Jika berita yang disajikan penuh kebohongan dan tendensius maka akan bisa menimbulkan kegaduhan," ujarnya.

Untuk itu, katanya, dengan adanya pertemuan perdana dengan melibatkan pejabat utama Polres maka akan meningkatkan sinergisitas antara media dengan Polres Pasaman Barat.

Ia juga mengharapkan peran media melalui wartawannya agar bisa memberikan informasi ke masyarakat jika ada isu menyebar di masyarakat agar di cek terlebih dahulu.

Salah seorang wartawan media online di Pasaman Barat Robi Irawan mengapresiasi adanya pertemuan Polres Pasaman Barat dengan berbagai wartawan yang ada.

"Mudah-mudahan ini langkah awal yang baik bagaimana sinergisitas antara jajaran Polres Pasaman Barat dengan berbagai media dapat semakin baik," harapnya.