BPBD Padang Pariaman catat 44 kejadian bencana selama dua hari

id Tim Reaksi Cepat BPBD Padang Pariaman,banjir padang pariaman,berita padang pariaman,padang pariaman terkini,berita sumbar

BPBD Padang Pariaman catat 44 kejadian bencana selama dua hari

Tim Reaksi Cepat BPBD Padang Pariaman saat melakukan evakuasi korban bencana di daerah itu pada Selasa (24/1). (ANTARA/HO-BPBD Padang Pariaman)

Parik Malintang, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mencatat sebanyak 44 kejadian bencana berupa banjir dan longsor akibat curah hujan tinggi melanda daerah itu selama dua hari dari Senin hingga Selasa (24/1).

"Berdasarkan data yang dihimpun hingga Selasa (24/1) pukul 05.45 WIB ada puluhan kejadian bencana di Padang Pariaman," kata Kepala Pelaksana BPBD Padang Pariaman Budi Mulya di Parik Malintang, Selasa.

Ia merinci setidaknya ada 11 lokasi longsor di Padang Pariaman, banjir 31 lokasi, dan pohon tumbang dua lokasi. Ada 14 nagari di 13 kecamatan di Padang Pariaman yang terdampak bencana.

Akibat bencana ini setidaknya dua orang meninggal dunia, dua orang luka berat, empat orang luka ringan, 1.500 kepala keluarga terdampak, dan lebih dari 750 kepala keluarga mengungsi.

Selain itu bencana juga berdampak terhadap sejumlah akses jalan dan listrik yang terputus, sekitar 50 rumah rusak berat, 10 kios atau warung rusak, lima kendaraan bermotor rusak, 50 unit fasilitas ibadah dan 30 fasilitas pendidikan terdampak, dan ratusan hektare lahan pertanian rusak.

"Tim BPBD Padang Pariaman masih melakukan evakuasi dan pendataan," katanya.

Ia menyampaikan saat ini pihaknya membutuhkan alat berat, logistik, dan makanan siap saji untuk membersihkan material bencana serta membantu korban terdampak.

Pihaknya telah mengeluarkan peringatan sebagai antisipasi banjir, longsor dan pohon tumbang agar warga dapat melakukan langkah antisipasi.

Sebelumnya intensitas hujan di Padang Pariaman dan sekitarnya pada Senin hingga Selasa (24/1) dini hari terpantau ringan hingga lebat sehingga menimbulkan sejumlah bencana.

Bahkan di sejumlah lokasi hingga saat ini di Padang Pariaman masih terpantau banjir di antaranya Kecamatan Ulakan Tapakis dan Nan Sabaris.

Bahkan jalan yang menghubungkan Kota Padang dengan Pariaman via Ulakan Tapakis tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor karena luapan air sungai setempat.

Sementara itu, salah seorang pengendara yang melintas jalan Ulakan Tapakis Yusrizal mengatakan dirinya terpaksa memutar arah menghindari banjir.

"Memang ada kendaraan yang memaksakan diri melintas namun akhirnya kendaraannya mogok," katanya. (*)