Pariaman dapat hibah mobil damkar dari DKI berkapasitas 10.000 liter, kini sedang diperbaiki

id hibah mobil damkar,pemkot pariaman,damkar dki jakarta

Pariaman dapat hibah mobil damkar dari DKI berkapasitas 10.000 liter, kini sedang diperbaiki

Kepala Dinas Satuan Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Dinas Satpol PP dan Damkar) Pariaman Alfian berfoto dengan latar mobil damkar hibah dari Pemprov DKI Jakarta. (ANTARA/HO-Dinas Satpol PP dan Damkar Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat akan memperoleh hibah mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang penyerahannya ditagetkan pada Oktober 2022, namun sebelum dioperasionalkan kendaraan tersebut kini tengah diperbaiki.

"Administrasinya sudah selesai, namun sebelum dibawa ke Pariaman mobil Damkar tersebut kami perbaiki dulu dengan anggaran sekitar Rp200 juta," kata Kepala Dinas Satuan Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Dinas Satpol PP dan Damkar) Pariaman Alfian di Pariaman, Jumat.

Mobil Damkar dengan kapasitas 10 ribu liter air itu sebelumnya sudah lama tidak dioperasikan oleh petugas Damkar Pemprov DKI Jakarta sehingga sebelum dibawa dan digunakan di Pariaman harus dilakukan perbaikan.

Perbaikan yang dilakukan mulai dari mesin, mengganti ban serta peralatan lainnya sehingga dapat beroperasi maksimal saat memadamkan api.

Dengan adanya mobil tersebut, lanjutnya maka dapat memperkuat petugas damkar Pariaman yang saat ini hanya memiliki enam unit mobil damkar dengan kapasitas paling banyak menampung air 6 ribu liter.

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Pariaman Hendra mengatakan mobil damkar tersebut rencananya digunakan pihaknya tidak saja sebagai untuk memadamkan api namun juga sebagai suplai.

"Perbaikan mobil damkar tidak sama dengan mobil pada umumnya sehingga proses perbaikannya bisa lama," ujarnya.

Ia menyampaikan meskipun mobil tersebut terbilang bekas namun masih layak pakai karena kondisinya masih bagus namun agar performanya maksimal maka diperlukan sejumlah perbaikan.

"Apalagi mobil ini dibawa dari Jakarta ke Pariaman," kata dia.

Ia berharap dengan adanya mobil damkar tersebut maka dapat membantu pihaknya mengatasi kebakaran yang terjadi di dalam maupun di luar daerah.

Pihaknya mencatat sepanjang 2022 daerah itu mengalami 89 kebakaran sepanjang 2022 dengan kerugian mencapai miliaran rupiah yang peristiwa itu terjadi sebagian besar disebabkan oleh korsleting listrik dan pembakaran sampah.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2023