Bupati Tanah Datar imbau warga tidak terpancing dengan isu letusan Gunung Marapi

id Bupati Tanah Datar Eka Putra,Berita Tanah Datar,Berita sumbar,letusan Gunung Marapi

Bupati Tanah Datar imbau warga tidak terpancing dengan isu letusan Gunung Marapi

Bupati Tanah Datar Eka Putra (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra menghimbau masyarakat di kabupaten itu untuk tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu tentang meletusnya Gunung Marapi.

"Saya imbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta tidak terpancing dengan isu-isu atau kabar bohong tentang letusan Gunung Marapi," kata Bupati Eka Putra kepada Antara Jum'at.

Kendati demikian, ia meminta masyarakat untuk selalu waspada jika sewaktu-waktu terjadi letusan Gunung Marapi disertai dengan lontaran abu vulkanik beserta batu pijar.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak berkegiatan atau tidak beraktivitas dalam radius tiga kilo meter dari puncak gunung serta dianjurkan untuk memakai masker.

"Kita tetap waspada dan pakai masker, karena abu erupsi Gunung Marapi kabarnya telah menyelimuti lahan pertanian dan sebagian nagari di Tanah Datar," katanya.

Tidak hanya itu, Bupati juga mengimbau Imam masjid, ustadz untuk membimbing jamaahnya berdoa agar terhindar dari bencana erupsi Gunung Marapi.

Sementara itu, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, mengatakan dalam penanganan pihaknya telah menginstruksikan empat Kapolsek di wilayah hukum Polres Tanah Datar yang berada disekitaran gunung untuk melakukan pelarangan pendakian untuk Kecamatan Pariangan.

Selain itu pihaknya juga telah melakukan koordinasi dan pengecekan ke lokasi di nagari hingga jorong yang berada di zona sebaran abu erupsi.

"Para Kapolsek itu sudah mulai turun kelapangan bahkan sudah melakukan pengecekan pengungsian," katanya.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2023