Pemkab Solok Selatan dorong meningkatnya kualitas olahraga

id olahraga solok selatan,khairunas,pssi solok selatan

Pemkab Solok Selatan dorong meningkatnya kualitas olahraga

Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mendorong meningkatnya kualitas olahraga di daerah itu agar mampu mencapai prestasi yang lebih baik di masa depan.

Bupati Solok Selatan Khairunas di Padang Aro, Selasa mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kegiatan pelatihan lisensi D Nasional Diploma untuk pelatih sepak bola.

"Pelatihan ini menjadi sebuah langkah bagi dunia sepak bola di Kabupaten Solok Selatan, dalam upayanya meningkatkan kualitas olahraga sepak bola," kata Khairunas di Padang Aro, Senin.

Dengan pelatihan akan semakin banyak pelatih profesional yang berlisensi, yang akan melatih klub-klub sepak bola lokal sehingga mampu mencetak prestasi baik di daerah ini.

Menurutnya faktor pelatih yang memiliki pengetahuan, kemampuan, dan memenuhi beberapa persyaratan menjadi salah satu faktor untuk mencapai prestasi.

Pelatih sebagai tokoh sentral dalam proses pelatihan olahraga, harus memiliki ciri-ciri ideal diantaranya adalah kepribadian, kesegaran jasmani, kesehatan mental, keterampilan, pengetahuan dan tentunya pengalaman, hubungan masyarakat serta kerjasama dan kreatifitas

Pelatih harus selalu tampil prima secara fisik maupun mental di lapangan pada saat latihan maupun pertandingan, yang akan berpengaruh terhadap kejiwaan anak latihnya

"Saya berpesan kepada para pelatih yang menjadi peserta dapat mengikuti seluruh materi dengan baik, sehingga nantinya lisensi yang didapatkan akan mampu digunakan secara profesional," terangnya.

Di kesempatan yang sama, Anggota Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI Sumatera Barat Erwin mengharapkan dengan adanya kursus kepelatihan ini akan terselenggara banyak kompetisi sepak bola di Solok Selatan.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini dengan tujuan untuk meningkatkan persepakbolaan di Solok Selatan," kata Erwin.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Askab PSSI Solok Selatan dan akan berlangsung selama 26-30 Desember 2022. Diikuti sebanyak 30 orang peserta dari seluruh klub sepak bola di Solok Selatan. Kegiatan ini akan berlangsung paralel, di Hotel Pesona Alam Sangir dan praktek di GOR Rimbo Tangah.