Kebidanan Unand beri penyuluhan KB pada pasangan usia subur

id kebidanan unand

Kebidanan Unand beri penyuluhan KB pada pasangan usia subur

Kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Penyuluhan KB dalam Meningkatkan Penggunaan Metode Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur (PUS). (Antara/HO-Unand)

Padang (ANTARA) - Mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan bersama civitas Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Penyuluhan KB dalam Meningkatkan Penggunaan Metode Kontrasepsi pada Pasangan Usia Subur (PUS).

Berlokasi di Masjid Ainul Muttaqin, Kelurahan Koto Lua, Kecamatan Pauh, Kota Padang. digelar pada 3 Desember 2022 di Kelurahan Koto Lua RT 03 RW 01 kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan Pasangan Usia Subur mengenai Keluarga Berencana sehingga capaian Akseptor KB yang rendah dapat meningkat.

Pada siklus ini mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan angkatan VII akan melaksanakan praktik pada situasi dan tatanan nyata di masyarakat sehingga dapat memperoleh pengalaman dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga bidan profesi yang profesional dan mampu bersaing di era globalisasi.

Selain itu, melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan mampu memperoleh pengalaman berada di tengah masyarakat sebagai salah satu upaya peningkatan kompetensi menjadi tenaga Profesi Bidan yang Profesional yang mampu menginisiasi pemberdayaan masyarakat.

Penyuluhan ini melibatkan beberapa pemangku kepentingan terkait yaitu Lurah Kelurahan Koto Lua Edward, Babinkamtibmas Kelurahan Koto Lua serta Bidan yang bertugas di Puskesmas Pauh.

Kegiatan diawali dengan pendataan dan survei secara langsung yang dilakukan oleh mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan Universitas Andalas terhadap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat RT 03 RW01.

Analisis terhadap hasil pendataan selanjutnya dilakukan dengan menentukan prioritas masalah, dan diketahui bahwa prioritas masalah yang ditemukan pada masyarakat Koto Lua adalah banyaknya wanita subur namun tidak menggunakan KB.

Intervensi yang dilakukan menanggapi permasalahan yang ditemukan diberikan edukasi mengenai Keluarga Berencana y oleh 31 orang mahasiswa Pendidikan Profesi Bidan Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas juga didampingi oleh Laila Rahmi, SST, M.Keb, Yulizawati, SST, M.Keb, Ulfa Farah Lisa, SST, M.Keb, Uliy Iffah, SST, M.Keb, dan Feri Anita Wijayanti, S.Keb, Bd, M.Mid sebagai Dosen Pembimbing.

Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat, dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi tanya jawab.

Setiap individu pada dasarnya harus memiliki kesadaran sendiri dan berperan aktif dalam program KB yang sudah dibuat oleh pemerintah sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengendalikan pertumbuhan penduduk negara.

Melalui kegiatan ini diharapkan PUS kelurahan Koto Lua RW 1 RT 3 dapat meningkatkan pengetahuan PUS mengenai Program KB serta menumbuhkan keinginan untuk mengikuti program KB sehingga terwujudnya keluarga kecil bahagia sejahtera.