Pemkot Pariaman jadwalkan 26 kegiatan wisata pada 2023

id Pemkot Pariaman,Wali Kota Pariaman,Event Wisata pariaman,Berita Pariaman

Pemkot Pariaman jadwalkan 26 kegiatan wisata pada 2023

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar memberikan sambutan saat Peluncuran Calender of Event Wisata dan Sinkronisasi Calender of Event kabupaten dan kota se-Sumbar di Pariaman, Rabu. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menjadwalkan 26 kegiatan wisata pada 2023 guna menarik kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional ke daerah itu.

"Jumlah kegiatan itu khusus untuk pariwisata saja, kegiatan lainnya seperti kegiatan olahraga juga akan dilaksanakan di Pariaman," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat Peluncuran Calender of Event Wisata dan Sinkronisasi Calender of Event kabupaten dan kota se-Sumbar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan untuk menambah kegiatan tersebut pihaknya telah meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia untuk membuat kegiatan olahraga tingkat Sumatra dan Nasional di Pariaman.

Hal tersebut sejalan dengan konsep pariwisata yang diterapkan Pemkot Pariaman untuk meningkatkan kunjungan wisatawan melalui olahraga wisata atau sportourism.

"Kami minta seluruh pengurus cabang (Pengcab) olahraga melaksanakannya. Kami tunggu kegiatannya," katanya.

Ia menyampaikan hadiah kegiatan olahraga tersebut disediakan oleh Pemkot Pariaman sedangkan pelaksanaannya dilakukan oleh Pengcab olahraga yang ada di daerah itu.

Genius meminta kolaborasi serta sinkronisasi kegiatan pariwisata dengan kabupaten dan kota di Sumbar guna saling membantu mempromosikan pariwisata di masing-masing daerah.

Adapun 26 kegiatan wisata tersebut yaitu pada Februari dilaksanakan Pariaman Culture Every Week. Maret yakni Fun Tenis, Pariaman Photography Contest Friendship 2023, dan Angso Duo Island Festival.

Selanjutnya April dilaksanakan Pesona Festival Pantai. Mei dilaksanakan Cik Uniang Cik Ajo, Marangkai Carano jo Arai Pinang, dan Lomba Petatah Petitih Adat.

Lalu, Juni dilaksanakan Pariaman International Triathlon 2023, Festival Bola U-12 Tingkat Nasional, serta Porprov XVI khusus untuk Sepatu Roda dan Tenis. Juli dilaksanakan Kejuaraan Futsal, Pariaman REGGAE-SKA Fest, Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2023, dan Pariaman Expo.

Agustus dilaksanakan Gerak Jalan tingkat SMP/SMA dan Kejuaraan Sepak Takraw Tingkat Sumatera. September dilaksanakan Malamang Massal, Makan Bajamba Pariaman berlari. Oktober dilaksanakan Ekraf Fest, West Sumatra Bikers Day.

Pada November dilaksanakan Pemilihan Putra Putri Gandoriah dan Pariaman Beach Run. Desember dilaksanakan Kejuaraan Terbuka Tingkat Nasional Sepatu Roda dan Anniversary dan Kopdargab NMAX Rider.

Sementara itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan kegiatan pariwisata menentukan pertumbuhan ekonomi masyarakat sehingga diperlukan sinkronisasi agar dapat memberikan dampak positif yang lebih besar.

"Sumbar memiliki banyak kelebihan mulai dari alamnya, makanan, dan keramahan warganya yang ini harus dimanfaatkan," kata dia.

Menurutnya dengan kolaborasi yang dilakukan dan didukung oleh masyarakat maka dapat membantu mengatasi resesi dengan yang diperkirakan pemerintah pusat terjadi pada 2023.