Mantan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi: Semangat pejuang harus jadi contoh generasi muda

id Bupati Limapuluh Kota,Hari Pahlawan limapuluh kota,Mantan Bupati Limapuluh Kota

Mantan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi: Semangat pejuang harus jadi contoh generasi muda

Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021 Irfendi Arbi saat membagikan bendera beberapa waktu lalu. (Antara/Istimewa)

Sarilamak (ANTARA) - Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat periode 2016-2021 Irfendi Arbi menilai generasi muda harus menjadikan semangat para pejuang sebagai contoh untuk menyiapkan diri menjadi pemimpin di masa depan.

“Hari Pahlawan bukan hanya sekedar hadiah atau sekadar seremonial semata, melainkan untuk mengenang para jasa pahlawan yang telah gigih berani, rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” kata Irfendi di Payakumbuh, Kamis.

Menurut anggota Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/POLRI Indonesia (FKPPI) generasi muda dapat menjadikan semangat pejuang sebagai contoh.

Salah satunya mempersiapkan diri dengan belajar dan menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh agar nantinya bisa melanjutkan estapet kepemimpinan di daerah ini.

Ia mengatakan memaknai Hari Pahlawan adalah hal penting karena merupakan bentuk penghargaan kita terhadap jasa para pahlawan yang mempertahankan NKRI.

“Memang memaknai nilai-nilai kepahlawanan saat ini tidak harus dengan mengangkat senjata dan tidak harus turun ke medan perang. Namun, sebagai generasi penerus bangsa, seluruh masyarakat Indonesia hendaknya menjunjung tinggi sifat dan sikap kepahlawan yang dapat diteladani melalui perjuangan pahlawan bangsa,” katanya.

Disampaikannya bahwa Hari Pahlawan yang selalu diperingati setiap tanggal 10 November itu hakekatnya adalah untuk mengenang peristiwa dan perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa untuk melawan penjajah.

“Perjuangan ini ditempuh sebagai bentuk mempertahankan kemerdekaan terhadap kolonialisme dan imperialisme di Indonesia. Kita harus melanjutkan cita-cita mereka dengan bekerja dan berkarya sesuai profesi dan bidang masing-masing," ujarnya.

Hari Pahlawan sebaiknya dimaknai dengan hal-hal positif, bermanfaat bagi bangsa dan negara karena apa yang sudah kita rasakan ini adalah hasil perjuangan para Pahlawan.

“Sebagai generasi penerus, kita harus siap untuk menghadapi tantangan di era milenial ini dengan terus belajar memaknai perjuangan dan meneruskannya karena hasil jerih payah para pahlawan merupakan warisan yang harus terus dilanjutkan,” ujarnya.