32 mahasiswa ikuti pemilihan Duta Politani Payakumbuh

id Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh,Berita payakumbuh,Berita sumbar,Wakil Bupati Limapuluh Kota,Duta Politani Payakumbuh

32 mahasiswa ikuti pemilihan Duta Politani Payakumbuh

Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri saat menghadiri pemilihan Duta Politani Payakumbuh 2023. Antara/HO-Politani Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Payakumbuh, Sumatera Barat menggelar pemilihan duta Politani 2023 yang diikuti 32 orang mahasiswa dari berbagai prodi di kampus tersebut.

Wakil Direktur III Politani Negeri Payakumbuh Sentot Wahono, S.P., M.Si di Payakumbuh, Sabtu mengatakan duta mahasiswa atau duta politani yang nantinya terpilih akan membantu pihak kampus dalam berbagai kegiatan.

"Mahasiswa kita ini nanti salah satunya akan bertugas untuk membantu mempromosikan politeknik kepada masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya sebagai juru bicara apabila ada masyarakat yang membutuhkan informasi terkait dengan politani sebagai perwakilan dari politani.

"Duta ini kita harapkan sebagai model mahasiswa yang menjadi teladan bagi mahasiswa lain. Tentunya mereka harus memiliki soft skill yang bagus karena akan menjadi gambaran bagaimana mahasiswa politani sebenarnya," kata dia.

Ia mengatakan duta politani nantinya akan dibekali ilmu terkait dengan institusi politani mulai dari kurikulum dan lainnya. Serta pembelajaran terkait wawasan kebangsaan dan public speaking.

Wawasan kebangsaan ini sesuai yang diharapkan kampus agar duta yang terpilih memiliki nasionalisme yang tinggi dan mampu memanifestasikan nilai pancasila dan undang-undang dasar 1945.

"Selain itu mereka juga harus terus banyak belajar bagaimana kondisi lingkungan. Tentunya memiliki wawasan yang banyak bagaimana pariwisata dan tentunya adat kebudayaan," ujarnya.

Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk membuktikan talenta dari mahasiswa.

"Kita berharap agar duta politani yang didapatkan sangat representatif dari politani. Tentunya dapat mengkomunikasikan perguruan tinggi dan daerah," ujarnya.

Sehingga tujuan kegiatan dalam memilih duta politani yang nanti akan membantu branding dari kampus termasuk Limapuluh Kota dapat tercapai.

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Duta Politani Synthia Ona Guserike Afner mengatakan kegiatan dilaksanakan selama dua hari yang dimulai pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7).

"Hari ini (Sabtu) merupakan hari pertama dan besok (minggu) akan dilanjutkan dengan grand final. Total peserta tahun ini berjumlah 32 mahasiswa," kata dia.

Ia mengatakan peserta yang mengikuti ini telah melalui seleksi dan memenuhi beberapa syarat yang telah ditentukan.

"Seperti Indeks Prestasi Kumulatif yang minimalnya itu 2,75, memiliki prestasi dan harus mampu berbahasa asing," ujarnya.