Sejumlah rumah warga terendam banjir di Kota Solok

id Sejumlah rumah warga, terendam banjir, di Kota Solok

Sejumlah rumah warga terendam banjir di Kota Solok

Sejumlah rumah warga terendam banjir di Kota SolokĀ (ANTARA/HO-BPBD Kota Solok)

Solok (ANTARA) - Sejumlah rumah warga di Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar) terendam banjir akibat derasnya hujan yang melanda kota Beras Serambi Madinah itu.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Solok Fera Zuana di Solok, Minggu mengatakan kawasan yang terdampak banjir tersebut, yakni Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah.

"Akibat peristiwa itu, terdapat 324 rumah yang terdampak banjir di Kelurahan Tanah Garam dan Kelurahan Laing," ujar dia.

Sementara, ia mengatakan daerah terdampak longsor dan pohon tumbang, yakni Kecamatan Tanjung Harapan dan Kecamatan Lubuk Sikarah.

Atas kejadian tersebut tim BPBD Kota Solok langsung terjun ke lokasi banjir untuk melakukan evakuasi ke warga dan mendistribusikan makanan untuk warga yang terdampak banjir dan longsor.

Fera mengatakan tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, namun kerugian materi diperkirakan cukup banyak mengingat banjir juga merendam sejumlah area pertanian warga.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat banjir yang melanda Kota Solok, namun dampak materi tentu cukup banyak karena banjir juga melanda area pertanian warga," ujar dia.

Selain tim BPBD Kota Solok, juga ikut membantu eksekusi di lapangan berupa Damkar Kota Solok 15 orang, TNI 20 orang, personel Polres Solok Kota, WMI Kota Solok, PMI Kota Solok, dan insan kebencanaan lainnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan kebutuhan mendesak yang dibutuhkan saat ini berupa alat pembersih, matras, family kids, terpal, tenda keluarga, tenda pengungsi, selimut, dan peralatan rumah tangga.

Lebih lanjut, ia mengimbau dan memberikan peringatan dini kepada warga agar mulai pukul 22.00 WIB nanti tetap berhati-hati dan waspada karena mengingat cuaca yang tidak menentu.

"Kendati demikian BPBD Kota Solok bersama insan kebencanaan tetap melakukan evakuasi warga yang terdampak ke titik aman," kata dia.

BPBD Kota Solok juga telah melakukan assessment terhadap warga yang terdampak serta menyalurkan bantuan logistik berupa makanan ke masyarakat yang terdampak.