Tokoh muda Pasaman Ulul Azmi terpilih jadi Ketua FIM PII Riau

id FIM PII,Riau,Sumbar

Tokoh muda Pasaman Ulul Azmi terpilih jadi Ketua FIM PII Riau

Tokoh muda Kabupaten Pasaman, Ulul Azmi terpilih sebagai Ketua FIM PII Riau (ANTARA/HO FIM PII Riau)

Padang (ANTARA) - Tokoh muda Kabupaten Pasaman,Sumatera Barat Ulul Azmi terpilih sebagai Ketua Forum Insinyur Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FIM-PII) Wilayah Riau periode 2021-2024 yang dikukuhkan, di Hotel Grand Suka Pekanbaru, Riau Sabtu (20/8).

"Insinyur memiliki peranan penting dalam sejarah panjang perjuangan pembangunan Indonesia saat ini dan PII sudah berumur 70 tahun dan kita bisa melihat kontribusi yang luar biasa, bahkan tiga orang presiden Indonesia adalah Insinyur Ir Soekarno, Ir BJ Habibie dan Ir Joko Widodo," kata dia dalam keterangan tertulis di Padang, Minggu.

Ia mengatakan peran dari insinyur ini sangat diperhitungkan apalagi sekarang insinyur sudah mulai mengembangkan badan tetapnya, salah satunya FIM PII yang bertujuan untuk menjembatani para kader-kader muda PII yang berumur di bawah 35 tahun sehingga bisa digabungkan dalam satu wadah dan bersinergi dalam mewujudkan tantangan bangsa.

Menurut dia ke depan akan semakin banyak tantangannya, apalagi di era disrupsi saat ini generasi Z diminta untuk lebih bergerak dan berinovasi supaya tidak tertinggal dari peradaban yang semakin maju.

“Untuk itu, FIM PII adalah salah satu wadah organisasi profesi para insinyur yang akan selalu update sesuai dengan perkembangan zaman sehingga bisa mempersiapkan kader-kader yang akan melanjutkan perjuangan bangsa ini nanti ke depan terutama dalam bidang keinsinyuran," kata dia.

Ulul Azmi sendiri dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum Forum Insinyur Muda PII Ir Haudhi Ramdayuza dan disaksikan oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia yang diwakili Direktur Eksekutif PII, Ir Habibie Razak serta Kepala Kepala Dinas PUPRPKPP Riau, Muh. Arief Setiawan, Asisten II Kota Pekanbaru El Syabrina dan lainnya.

Ketua Umum FIM PII, Ir Haudhi Ramdayuza mengatakan saat ini Indonesia masih butuh dan kekurangan insinyur profesional lebih kurang 200.000 orang, dan ini adalah peluang yang luar biasa bagi generasi muda untuk mengambil kesempatan ini.

“Mari bergabung dalam wadah organisasi FIM PII dan mengasah diri untuk menjadi seorang insinyur yang professional, memiliki Sertifikat Insinyur Profesional (SIP) dan STRI (Surat Tanda Registrasi Insinyur) sehingga para insinyur muda bisa berkontribusi lebih aktif dalam pengembangan kemajuan bangsa.

Dirinya mengucapkan selamat dan sukses untuk FIM PII Wilayah Riau yang sudah dilantik dan dirinya yakin di tangan kepengurusan saat ini FIM PII Wilayah Riau bisa maju dan berkembang.

Direktur Eksekutif PII, Ir Habibie Razak mengatakan FIM PII merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan PII dan salah satu motor penggeraknya PII yang bisa mendorong aktif segala kegiatan keinsinyuran dan selalu bergerak mendukung PII dalam segi apapun.

"FIM PII selalu hadir dan turut mengambil peran yang luar biasa," kata dia.

Menurut dia Ketua Umum PII berharap kepada FIM PII Wilayah Riau, selalulah berbuat dan bergerak maju pantang menyerah karena pihaknya sangat mengapresiasi siapa saja yang mau dan mampu dalam bekerja dan serius dalam menjalankan amanah yang diberikan karena semuanya akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

“Kami ucapkan selamat dan sukses kepada FIM PII Wilayah Riau, mari bersama majukan bangsa dan negara melalui Persatuan Insinyur Indonesia. Sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran dan peraturan pelaksanaannya,” ujarnya.

Kepala Kepala Dinas PUPRPKPP Riau, Muh. Arief Setiawan mengatakan insinyur selama ini sudah banyak dedikasinya untuk kemajuan bangsa, bahkan di saat pandemi COVID-19 insinyur berperan aktif dalam membuat inovasi terhadap teknologi kesehatan.

“Dengan adanya wadah FIM PII Wilayah Riau, diharapkan bisa mendorong dan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Riau, untuk berkontribusi memajukan Riau. Serta harapan ini kepada para milenial insinyur harus bekerja efektif, efisien dan bertanggung jawab dalam melaksanakan semua amanah dan tanggung jawab ke depan," kata dia.