KSP IKR dan PT Riyadh Group Indonesia teken kesepakatan kerjasama

id KSP IKR,PT Riyadh Group Indonesia

KSP IKR dan PT Riyadh Group Indonesia teken kesepakatan kerjasama

CEO PT Riyadh Group Indonesia Belly Saputra dan CEO KSP IKR Yosi Afianto (tengah) didampingi Ketua KSP IKR Charlie Chandra (baju cream) usai menandatangani perjanjian kerjasama

Jakarta (ANTARA) - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Inklusi Keuangan Rakyat (IKR) menandatangani kesepakatan kerjasama dengan PT Riyadh Group Indonesia terkait layanan simpan pinjam dan layanan koperasi bagi karyawannya.

CEO KSP IKR Yosi Afianto menyampaikan perjanjian kerjasama tersebut bukti adalah perkembangan koperasi dalam mewujudkan inklusi keuangan, seiring kemajuan teknologi. KSP IKR merupakan primer Koperasi nasional yang tidak hanya di Jakarta, tapi juga secara nasional.

"Alhamdulillah, kesepakatan kerjasama telah kami tandatangani tadi," ungkapnya usai penandatanganan kerjasama di New Natrabu Resto Bally International Hotel & Convention Cilegon.

Penandatanganan dilakukan langsung CEO PT Riyadh Group Indonesia Belly Saputra Datuk Janosati beserta sejumlah manajemen dan Ketua KSP IKR Charlie Chandra yang disaksikan CEO KSP IKR Yosi Afianto, Co Founder DotX Heinrich Chandra beserta sejumlah karyawan.

Riyadh Group merupakan Holding Company dari Belly Hotel International & Convention Cilegon, New Natrabu Resto, PT Grand Mangkuputra, PT Ladang Padi Resort dan Apartemen Pancoran Riverside Jakarta

Belly Saputra Datuk Janosati merupakan salah seorang pengusaha properti skala nasional yang berasal dari Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dan juga tercatat Konsulat Nepal untuk Indonesia

Yosi menjelaskan KSP IKR merupakan Primer Koperasi Nasional yang bergerak di bidang Simpan Pinjam pada segmen mikro dan ultra mikro.

Bahkan DotX yang merupakan Affiliasi KSP IKR terpilih sebagai 10 besar dari ribuan Star Up secara nasional yang ikut pada ajang EFF B20 yang diselenggarakan Kemenkop UKM di Bali beberapa waktu lalu.

KSP IKR hadir sebagai Koperasi Modern Koperasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0 yang terdaftar dan diawasi Kemenkop dan UKM RI. KSP IKR menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna dengan sistem keamanan berlapis.

Fasilitas Layanan Simpan Pinjam KSP IKR kepada anggota dengan cepat dan mudah melalui Platform Koperasi Digital KSP IKR yang sudah Real Time Online dan sudah terintegrasi dengan Bank melalui Mobile Apps Koperasi (Aplikasi DotX).

Pada kesempatan itu Ketua KSP IKR Charlie Chandra mengatakan KSP IKR hadir saat pandemi COVID-19, akhir 2020, tepat ketika pemerintah tengah melakukan exit strategy agar pandemi tidak berdampak semakin dalam terhadap perekonomian nasional.

Salah satu exit strategy adalah percepatan digitalisasi pada semua sektor ekonomi, termasuk digitalisasi perkoperasian. Berdasarkan hal itulah KSP IKR hadir dalam bentuk Koperasi Platform sebagai Koperasi Digital.

"Kehadiran KSP IKR sebagai Koperasi Digital tidak hanya mendukung pemerintah dalam rangka Digitalisasi Koperasi, namun juga sebagai gerakan ekonomi rakyat, sesuai Pasal 33 UUD 1945," tutur pria yang juga CEO dan founder DotX itu.

Keberadaan KSP IKR diharapkan memiliki andil dalam memperkokoh ketahanan ekonomi nasional melalui inklusi keuangan yang lebih inklusif di sektor perkoperasian, khususnya pada segmen mikro dan ultra mikro.

Dengan demikian, hadirnya Koperasi bisa menyasar masyarakat secara lebih luas dengan memberikan manfaat yang optimal terutama terhadap segmen mikro dan ultra mikro.

Charlie optimis KSP IKR dapat jadi wadah yang tepat bagi setiap stakeholders untuk berhimpun dalam mewujudkan gerakan ekonomi rakyat yang dilandasi semangat gotong royong dan kekeluargaan.

Kemudian didukung nilai-nilai untuk saling memberdayakan sehingga Koperasi nyata hadirnya sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional dan tentu kontribusi Koperasi terhadap PDB secara nasional pun akan menjadi signifikan dimasa yang akan datang.

“Semoga cita-cita tersebut dapat kita wujudkan bersama melalui gerakan koperasi," sebutnya. (Teddy Setiawan)