PLN gencarkan sosialisasi kelistrikan di Nagari Kacang, Singkarak

id PLN, listrik, LPJU

PLN gencarkan sosialisasi kelistrikan di Nagari Kacang, Singkarak

Tim PLN UP3 Solok dan ULP Singkarak sosialisasi ke masyarakat di Nagari Kacang. (ANTARA/HO-Hmspln)

Padang Panjang (ANTARA) - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Singkarak kunjungi Nagari Kacang, X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, guna menyosialisasikan wewenang dan tanggung jawab PLN terkait Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Pertemuan pada 7 Juni 2022 tersebut sekaligus membahas berbagai perluasan aliran listrik (PAL) di daerah tersebut untuk mengakomodir kebutuhan listrik para petani buah naga.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer Niaga dan Pemasaran UP3 Solok Riri Rustam dan Manager ULP Singkarak Irfan Budiman beserta tim melakukan sosialisasi LPJU Mandiri untuk membantu Nagari/Jorong mengadakan PJU dengan layanan prabayar. Kehadiran tim PLN diterima dengan hangat oleh Wali Nagari Kacang, Andrian.

“Kewenangan PLN dalam LPJU hanya sebatas pada memungut dan mengumpulkan PPJ yang dibayarkan oleh pelanggan PLN, bersamaan dengan pembayaran rekening listrik setiap bulannya untuk kemudian disetorkan ke kas Pemda. Mengingat LPJU berada di bawah pengelolaan Pemda, maka permintaan terhadap LPJU dari lingkungan masyarakat harus ditujukan kepada Pemda setempat,"kata Riri.

Namun begitu, baik Pemda maupun PLN senantiasa melakukan koordinasi dalam menentukan kelayakan pasokan aliran listrik, agar setiap LPJU yang dipasang dapat menyala dengan baik dan tidak mengganggu tegangan dari pelanggan PLN di sekitarnya.

Riri dan tim juga berkoordinasi perihal permintaan pasang baru untuk 80 calon pelanggan dengan daya listrik 900 kVA di Nagari Kacang, X Koto Singkarak.

“PLN menyambut baik banyaknya permintaan pasang baru dari para petani buah naga disini. Artinya pertumbuhan bisnis semakin berkembang baik. Kami siap mendukung peningkatan pendapatan hasil alam di Nagari Kacang tersebut melalui penyediaan energi listrik,” imbuhnya lagi.

Irfan Budiman, Manager ULP Singkarak mengungkapkan dalam waktu dekat, PLN berencana melakukan perluasan jaringan untuk kebutuhan bisnis dan industri setempat.

‘Ke depan PLN berencana untuk melakukan perluasan jaringan di beberapa titik guna meningkatkan keandalan pasokan listrik bagi pelanggan, sekaligus memenuhi kebutuhan listrik untuk masyarakat dan pengusaha setempat. Kami meminta dukungan dari Pemda agar rencana pembangunan infrastruktur kelistrikan dapat berjalan lancar sehingga pemenuhan listrik di lokasi ini segera terwujud,’’ sebut Irfan.

Sementara itu Wali Nagari Kacang, Andrian menyampaikan, pihaknya mengapresiasi kehadiran tim PLN.

“Kami mengapresiasi kunjungan dari Manajemen PLN, sehingga proses sinergi dan rencana pembangunan yang membutuhkan dukungan satu sama lain dapat disampaikan dengan cepat. Kami juga berterima kasih atas sosialisasi terkait LPJU sehingga kami pun paham tugas dan wewenang PLN dalam hal tersebut,’’ sebutnya.