Tingkatkan keandalan, PLN Muara Labuh bersihkan jaringan Balai Janggo

id PLN, ULP, Balai Janggo, listrik

Tingkatkan keandalan, PLN Muara Labuh bersihkan jaringan Balai Janggo

Kegiatan bersih jaringan oleh tim PLN Balai Janggo. (ANTARA/HO-Hmspln)

Padang Aro (ANTARA) - Tingkatkan keandalan sistem kelistrikan, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muara Labuh lakukan gotong royong Right Of Way (Goro ROW) pada 7 Juni 2022.

Supervisor Teknik dan petugas khusus Right Of Way (ROW) ULP Muara Labuh lakukan pembersihan jaringan penyulang Balai Janggo dengan tebang dan pangkas ranting atau pohon serta mensterilkan jaringan dari umbul-umbul, layangan, atau benda lain yang berpotensi menimbulkan gangguan listrik.

Penyulang Balai Janggo adalah jaringan utama yang mensuplai listrik ke Pelanggan Premium Pabrik PTPN VI Sungai Kunyit.

Disampaikan Hendra Prianto, Manajer ULP Muara Labuh, selain untuk memastikan keandalan ke salah satu pelanggan besar dan pelanggan premium tersebut, Goro ROW ini merupakan Langkah preventif PLN untuk kendala kelistrikan yang tidak diinginkan.

‘’Kami ingin seluruh pelanggan yang disuplai dari penyulang tersebut tetap andal dan terhindar dari padam akibat kendala alam. Untuk itu kami lakukan Goro ROW sesegera mungkin setelah hasil survei yang menunjukkan pohon-pohon di daerah sekitar punyulang tersebut sudah dekat dengan jaringan PLN,’’ sebut Hendra.

Pohon yang terlalu tinggi dan berjarak dekat dengan jaringan PLN, sebut Hendra, berpotensi tumbang mengenai jaringan, khususnya saat cuaca sedang tidak baik.

‘’ Pohon tumbang akibat hujan, angin kencang, atau badai dan mengenai jaringan PLN akan otomatis mengakibatkan pemadaman listrik. PLN mencegah potensi gangguan seperti ini diantaranya dengan Goro ROW,’’ jelas Hendra.

Namun begitu, Hendra mengajak masyarakat untuk menjadi mitra PLN untuk menjaga kebersihan jaringan.

‘’Masyarakat dapat membantu PLN untuk menjaga keandalan listrik di sekitar rumahnya dengan menanam tananam berjarak minimal 3 meter dari jaringan listrik, beraktivitas dengan jarak aman dari jaringan. Silahkan hubungi PLN melalui PLN Mobile jika ada potensi bahaya pada jaringan PLN di sekitar lingkungan masyarakat,’’ lanjutnya kemudian.

Dengan Goro ROW yang rutin dilakukan, PLN Muara Labuh berharap dapat terus memberikan kenyamanan berlistrik bagi masyarakat, dengan listrik yang andal dan aman.*