TP-PKK Nagari Lubukbasung Agam mempersiapkan inovasi jelang penilaian jambore

id Tim Pengerak PKK Nagari Lubukbasung, E-Dasawisma

TP-PKK Nagari Lubukbasung Agam mempersiapkan inovasi jelang penilaian jambore

Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman. (Antara/HO-Dok Kominfo Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Nagari Lubukbasung, Kabupaten Agam, memiliki inovasi-inovasi bidang kelompok kerja (Pokja) dalam menghadapi penilaian jambore PKK tingkat Provinsi Sumbar pada 2022.

Ketua TP-PKK Agam, Ny Yenni Andri Warman di Lubukbasung, Senin, mengatakan TP PKK Nagari Lubukbasung sebagai nagari binaan TP-PKK Agam menjadi perwakilan dalam jambore PKK tingkat provinsi.

"Untuk memenuhi harapan menjadi juara pada jambore PKK tahun ini, TP-PKK Nagari Lubukbasung menghadirkan inovasi-inovasi diberbagai bidang kelompok kerja (Pokja)," katanya.

Ia mengatakan, inovasi tersebut pada bidang sekretariat yaitu TP-PKK bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Agam menghadirkan aplikasi penunjang program PKK.

Aplikasi itu berupa E-Dasawisma yang mana sudah dilakukan sosialisasi dan pelatihan dari Diskominfo terkait penggunaan aplikasi kepada anggota TP-PKK dan sudah mulai diterapkan.

Kemudian di bidang Pokja satu yaitu terbentuknya rumah singgah Paredi yang mana nantinya akan diadakan pembinaan berbagai kegiatan untuk Paredi oleh tim pelaksana Paredi.

Kemudian menyediakan celengan yang terbuat dari bambu yang bertujuan agar anggota dasawisma dapat menabung.

"Dana yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada anak yatim yang ada di dasawisma tersebut," katanya.

Ia menambahkan, bidang Pokja dua berupa Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang terbentuk dari beberapa kelompok dasawisma yang tergabung ke dalam Poklak (Kelompok Pelaksana).

Bentuk usaha yang dihadirkan beragam, sesuai pelaku usaha yang ada di masing-masing jorong. Produk yang diunggulkan berupa “Bagonjong” merupakan makanan olahan rinuak.

Sementara bidang Pokja tiga menghadirkan inovasi pelabelan tanaman yang sudah memanfaatkan teknologi terkini dengan menggunakan barcode.

Selanjutnya, adanya bank sampah yang harapannya masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan dan dapat memanfaatkan bank sampah tersebut.

Sedangkan bidang Pokja empat berupa imbauan “Satu Hari Tanpa Asap Rokok” setiap hari Rabu.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Nagari Lubukbasung, Ny. Ernis Darma Ira Putra mengatakan lomba ini merupakan suatu proses untuk belajar lebih maju bagi TP-PKK.

Untuk itu pihaknya berharap agar TP-PKK Nagari Lubukbasung sebagai utusan kabupaten dapat memberikan yang terbaik.

“Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, semoga TP-PKK Nagari Lubukbasung bisa menjadi yang terbaik di tingkat provinsi,” katanya.

Sebagai tuan rumah, pihaknya mengaku menghadapi kendala diawal lantaran kurangnya komunikasi dan interaksi, namun seiring berjalannya waktu, kendala tersebut dapat diatasi.