DPRD Pariaman sampaikan sejumlah rekomendasi atas LKPJ Kepala Daerah 2021

id Dprd pariaman,Pad pariaman

DPRD Pariaman sampaikan sejumlah rekomendasi atas LKPJ Kepala Daerah 2021

Suasana Rapat Penyampaian Rekomendasi DPRD Kota Pariaman terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah tahun Anggaran 2021 di Pariaman, Kamis. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pariaman (ANTARA) - DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat menyampaikan sejumlah rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2021 pada sidang paripurna.

"Pendapatan asli daerah (PAD) kita harus ditingkatkan dan kinerja yang masih rendah karena mungkin kemarin akibat 'recofusing' (penyesuaian anggaran) ke depan harus ditingkatkan," kata Ketua DPRD Pariaman Fitri Nora usai Rapat Penyampaian Rekomendasi DPRD Kota Pariaman terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah tahun Anggaran 2021 di Pariaman, Kamis.

Selain PAD, lanjutnya bidang penyelengaraan pemerintahan yakni bidang pendidikan hendaknya diberikan prioritas pada pembangunan sarana dan prasarana serta meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

Selanjutnya, DPRD juga meminta pemerintah setempat meningkatkan program peningkatan gizi untuk mengatasi stunting karena berpengaruh besar terhadap penyiapan sumber daya manusia. Pemerintah setempat juga diminta untuk melanjutkan program akreditasi rumah sakit dan Puskesmas di Pariaman.

Pada bidang pekerjaan umum dan penataan ruang, DPRD Pariaman meminta pemerintah setempat mengalokasikan anggaran secara proporsional dan profesional agar seluruh target pelaksanaan pembangunan bisa terlaksana dengan baik.

DPRD juga meminta kepada Pemerintah Kota Pariaman untuk melakukan kajian ulang terhadap progres pembangunan masjid terapung sehingga ada kejelasan tentang kelayakan dari berbagai aspek.

"Kami meminta organisasi perangkat daerah lebih maksimal lagi dalam pegelolaan anggaran termasuk dengan PAD karena tidak mungkin kita hanya berharap dari APBD saja, tanpa adanya PAD," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan arahan dari DPRD setempat menjadi catatan penting bagi pihaknya untuk program kerja untuk tahun berikutnya.

Ia menyampaikan pembangunan Kota Pariaman membutuhkan kontribusi dari seluruh pihak sehingga daerah itu semakin maju untuk menyejahterakan warganya.