Puluhan objek wisata di Padang Pariaman siap sambut wisatawan selama libur lebaran

id Tempat wisata

Puluhan objek wisata di Padang Pariaman siap sambut wisatawan selama libur lebaran

Wisatawan terpantau memenuhi kawasan objek wisata Bukit Siriah Mountain View, Kecamatan Sungai Garinggiang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar sebelum pandemi COVID-19. (ANTARA/Aadiaat MS)

Parit Malintang (ANTARA) - Sekitar 20-an objek wisata di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat telah dipersiapkan oleh pengelolanya guna menyambut kunjungan wisatawan selama libur lebaran 2022

"Kami telah mengumpulkan pengelola wisata dan kelompok sadar wisata di Kabupaten Padang Pariaman untuk memberikan pembekalan dan edukasi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly di Parik Malintang, Sabtu.

Ia mengatakan hal tersebut dilakukan untuk memastikan sarana wisata di Padang Pariaman bersih, aman, serta adanya ketetapan harga tiket masuk, parkir, makanan dan minuman yang dijual di objek wisata.

Daftar harga tersebut, lanjutnya dipajang di objek wisata agar ada keterbukaan informasi kepada wisatawan sehingga tidak ada pengunjung yang merasa dirugikan ketika berkunjung ke Padang Pariaman

Ia menyampaikan langkah tersebut untuk menyambut kedatangan perantau yang pada tahun ini diprediksi meningkat pasca Pandemi COVID-19 yang telah turun.

"Bahkan untuk menyambut pengunjung kami membuat spanduk selamat datang kepada perantau," katanya.

Untuk diketahui Padang Pariaman memiliki banyak objek wisata namun akibat Pandemi COVID-19 ada yang mati suri dan tidak sedikit yang bertahan.

Pihaknya merincikan adapun puluhan objek wisata di Padang Pariaman yang siap menyambut wisatawan pada libur lebaran pada tahun ini yaitu di antaranya Pantai Katapiang, Pantai Panjang, Pantai Tiram, Green Talao Park Ulakan, Makam Syekh Burhanuddin, Nyarai, LA Rafting, Pantai Arta, dan Pantai Barcelona.

Selanjutnya Pantai Paingan, Pantai Arga Permai Gasan, Pemandian Lubuak Napa, Kolam Renang Sikabu, Lubuk Bonta, Rumah Putiah, Lubuak Talau Anduriang, Dempo Anai Land dan Tirta Alami, Dama Batang Park, Pemandian Lubuak Jambu, Pemandian Bidadari, Bukit Bulek, Ikan Larangan Kubu Bimo, dan Tanjung Wahana Tano.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman, Sumatera Barat memantau kesiapan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di daerah itu guna menghadapi Libur Lebaran 2022 yang diprediksi terjadi lonjakan wisatawan.

"Hari ini kami melakukan 'monitoring' (memantau) kesiapan sarana di objek wisata agar wisatawan merasa aman dan nyaman berlibur ke objek wisata di Padang Pariaman,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padang Pariaman Muhammad Fadhly usai memantau objek wisata di Padang Pariaman, Parik Malintang.

Hal tersebut dilakukan karena sebagian besar objek wisata di Kabupaten Padang Pariaman dikelola oleh Pokdarwis. Meskipun objek wisata dikelola oleh Pokdarwis namun Pemkab Padang Pariaman tetap memberikan pendampingan agar objek wisata yang dikelola berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan.*