Dinkes Dharmasraya pastikan layanan kesehatan buka 24 jam

id Dinkes dharmasraya,RSUD Sungai Dareh

Dinkes Dharmasraya pastikan layanan kesehatan buka 24 jam

RSUD Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. (Antara/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memastikan seluruh layanan kesehatan akan buka pelayanan 24 jam selama arus mudik dan balik lebaran 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Harry Pom Satria, di Pulau Punjung, Jumat, mengatakan, pelayanan 24 jam diberikan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah setempat dalam menghadapi mudik dan libur lebaran.

"Untuk pelayanan status gawat darurat dan rawat inap di seluruh puskesmas dan dua RSUD buka 24 jam. Semuanya berjalan seperti biasa," katanya.

Ia mengatakan sebagaimana di ketahui Puskesmas Gunung Medan, Puskesmas Sialang serta RSUD Sungai Rumbai dan RSUD Sungai Dareh adalah layanan kesehatan yang berada di Jalan Nasional Dharmasraya.

Oleh sebab itu, Pemkab setempat meminta manajemen rumah sakit umum daerah yang menjadi rumah sakit rujukan untuk memastikan petugas kesehatan, alat kesehatan, saranan prasarananya siap melayani masyarakat, khususnya pemudik.

Dinkes juga memastikan pelayanan kesehatan 24 jam di posko mudik lebaran, berdasarkan koordinasi dengan pihak terkait ada tiga posko yang dibentuk, diantaranya Sungai Rumbai, Gunung Medan, dan Simpang Silago.

"Di setiap posko kita tempatkan tenaga kesehatan yang siap melayani pemudik selama 24 jam, khusus penanganan tanggap darurat," tambah dia.

Sementara, Kasat Lantas Polres Dharmasraya, Iptu Sayyid Malik Ibrahim mengatakan Polres mengerahkan ratusan personel gabungan untuk pengamanan arus mudik dan balik lebaran di wilayah setempat.

Polres membentuk dua pos pengamanan pada mudik lebaran 2022, masing-masing di Simpang Silago dan Sungai Rumbai, serta satu pos pelayanan di Gunung Medan. Pengaman dengan sandi Operasi Ketupat Singgalang mulia digelar 28 April sampai 9 Mei 2022.

Ia memastikan situasi keamanan tempat beristirahat atau area rumah makan dan SPBU di daerah itu. Nanti petugas akan melakukan patroli secara rutin.