Bantu warga penuhi kebutuhan jelang lebaran, KPN Dinas Peternakan Agam adakan bazar sembako murah (Video)

id bazar sembako,agam

Bantu warga penuhi kebutuhan jelang lebaran, KPN Dinas Peternakan Agam adakan bazar sembako murah (Video)

Pengunjung bazar Sembako murah di halaman Kantor Dinas Peternakan Agam, Rabu (27/4). (ANTARA/Yusrizal)

Lubukbasung,  (ANTARA) - Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Dinas Peternakan Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengadakan bazar sembako murah pada Rabu (27/4), untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah.

Ketua Koperasi Pegawai Negeri Dinas Peternakan Agam Ronald Depson di Lubukbasung, Rabu, mengatakan bazar sembako murah itu menyediakan telur sebanyak 160 rak, bawang merah 182 kilogram, minyak goreng 800 kilogram dan daging sapi 300 kilogram.

"Bazar ini diadakan satu hari dengan mendatangkan para pedagang ke lokasi bazar di halaman kantor Dinas Pertanian Agam," katanya.

Ia mengatakan, KPN Dinas Peternakan Agam memberikan subsidi untuk setiap bahan kebutuhan yang dijual, sehingga harga menjadi murah dari harga pasar.

Untuk harga telur, tambahnya, dijual dengan harga Rp42 ribu per rak dan harga tingkat pasar Rp48 ribu per rak, harga minyak goreng dijual Rp40 ribu per dua liter dan harga tingkat pasar Rp45 ribu per dua liter.

Sementara bawang merah dijual Rp30 ribu per kilogram dan harga tingkat pasar Rp38 ribu per kilogram dan harga daging Rp130 ribu per kilogram dan harga tingkat pasar Rp150 ribu per kilogram.

"Kita memberikan subsidi untuk setiap kebutuhan pokok yang dijual. Setiap warga mendapatkan kupon dan kupon itu bisa membeli kebutuhan disediakan dengan tujuan agar tepat sasaran," katanya.

Ia menambahkan, bazar yang digelar itu bentuk pengabdian yang dilakukan KPN Dinas Peternakan kepada warga sekitar agar bisa mendapatkan kebutuhan dengan harga murah.

Sementara harga kebutuha pokok di daerah itu cukup tinggi menjelang Idul Fitri, akibat permintaan cukup banyak.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan Agam, Emrizal menambahkan harga daging dan telur mulai naik menjelang Ramadhan 1443 Hijriyah.

Diperkirakan harga daging ini akan kembali naik menjadi Rp160 ribu sampai Rp170 ribu per kilogram pada Kamis (28/4).

"Harga daging ini naik akibat permintaan cukup tinggi jelang Idul Fitri. Persediaan sapi potong mencukupi di Agam," katanya.

Salah seorang warga, Ernawati mengatakan bazar yang dilakukan KPN Dinas Peternakan Agam ini sangat membantu masyarakat, apalagi harga yang dijul cukup murah.

Sementara harga kebutuhan pokok di pasar cukup tinggi menjelang Idul Fitri.

"Kami sangat terbantu dengan adanya bazar ini dan berharap kegiatan ini berlanjut," katanya. (*)