Sekda Padang Pariaman minta kolaborasi OPD atasi stunting

id Stunting

Sekda Padang Pariaman minta kolaborasi OPD atasi stunting

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Pariaman, Rudy Repenaldi Rilis. (ANTARA/HO- Diskominfo)

Parik Malintang (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Rudy Repenaldi Rilis meminta kolaborasi organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah tersebut untuk mengatasi stunting.

“Stunting itu persoalan daerah makanya harus dikeroyok secara bersama, diharapkan keseriusan dan kolaborasi antar OPD terkait,” kata dia, seperti dikutip dari web Pemkab Padang Pariaman, Kamis.

Hal tersebut ia sampaikan pada Pertemuan Finalisasi Aksi 1 dan Aksi 2 Konvergensi Stunting dalam rangka percepatan pelaksanaan dan aksi konvergensi stunting Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 pada beberapa hari yang lalu di Padang.

Ia mengatakan Puskesmas yang menjadi ujung tombak penanganan kesehatan di daerah harus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah kecamatan masing-masing termasuk dengan pemerintahan nagari.

Menurutnya penanganan stunting memang menjadi tugas Dinas Kesehatan namun bukan berarti penanganan dan penurunan angka stunting hanya menjadi tanggung OPD itu saja.

Kepala Bapelitbangda Ali Amran mengatakan bahwa Pertemuan Finalisasi Konvergensi Penanganan Stunting ini bertujuan untuk melakukan identifikasi sebaran stunting, ketersediaan program, dan kendala dalam pelaksanaan integrasi intervensi gizi. Selanjutnya menyusun rencana kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan integrasi intervensi gizi.

“Pertemuan ini akan membahas dua aksi, aksi satu menyelesaikan data dan aksi dua menentukan rumusan dan langkah-langkah kolaborasi penanganan stunting,” ujarnya.