Wako Payakumbuh jadi pembicara program LDK SMA 2 Payakumbuh

id Riza Falepi, MPK, LDK SMA, kepemimpinan

Wako Payakumbuh jadi pembicara program LDK SMA 2 Payakumbuh

Wako Riza Falepi sedang memberi materi pada kegiatan LDK SMA 2 Payakumbuh. (ANTARA/HO-Hms)

Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi ditunjuk sebagai narasumber dalam program latihan dasar kepemimpinan yang digelar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Payakumbuh dengan menghadirkan seluruh pengurus OSIS, Majelis Perwakilan Kelas (MPK), dan Ekstra Kurikuler (Ekskul) sekolah tersebut.

Dalam presentasinya, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi itu menjelaskan tentang pengertian organisasi, tujuan berorganisasi, tipe pemimpin, 12 prinsip organisasi, dan pola organisasi.

Diawal pemaparan materinya, Riza sampaikan bahwa dalam menyiapkan calon pemimpin muda yang kreatif dan inspiratif haruslah dimulai dari sekarang, sehingga bagi calon pemimpin ini nantinya

Dia menceritakan pengalamannya pada masa bersekolah di tingkat SMA dan kuliah dan aktif berorganisasi sehingga pengalaman organisasi saat sekolah dan kuliah tersebut menjadikannya pemimpin seperti saat ini.

“Semakin tinggi kepemimpinan seseorang, maka ia akan merasa semakin “kesepian”. Dan dimana untuk mengatasi hal ini nantinya para calon pemimpin haruslah memiliki sebuah sistem yang terstruktur untuk mengatasi kesepian yang akan dialami," katanya.

Dilanjutkan, kesepian yang dimaksud disini ialah pemimpin yang tidak memiliki sahabat yang emang betulan sahabat, bukan hanya sekedar sahabat di depan saja, kita aman dia ada, kalo kita ndak aman dia menghilang,” katanya.

Dalam mempersiapkan untuk menjadi pemimpin muda masa depan, maka dibutuhkan persiapan dari sekarang, dan persiapan tersebut yakni dengan gunakan waktu sebaik-baiknya, miliki daya baca yang tinggi, libatkan diri dalam kegiatan tim, berinteraksi dengan banyak orang, berkumpullah dengan orang-orang baik, dan jangan menolak saat ditunjuk menjadi ketua.

Menurut Riza dalam menjadi seorang pemimpin, harus berani dalam mengambil sebuah keputusan yang tegas, sehingga dengan sikap tersebut maka pemimpin ini nantinya akan memiliki intuisi yang kuat yang mana hal tersebut akan membentuk karakter pemimpin ini dalam membawa arah tujuan kepemimpinannya.

“Jika mereka unggul, Bangsa ini akan menjadi Bangsa yang besar, dan jika mereka rusak, bangsa ini akan menjadi Bangsa yang lemah,” tukas Riza.

Sebelum mengakhiri paparannya, Riza sampaikan pesan terhadap peserta LDK SMA 2 Kota Payakumbuh tersebut, dimana Riza mengatakan jika ketika kamu memimpin nantinya maka kenalilah pemimpin yang sebelum masa kamu memimpin, dimana hal ini akan berguna untuk membentuk mental kamu menjadi pemimpin yang bagus dan baik, tutup Riza mengakhiri.

Sementara Kepala SMA 2 Payakumbuh Dafrimal mengatakan bahwa Wali Kota Payakumbuh merupakan individu yang telah melatih dirinya sendiri menjadi pemimpin dari masa sebelumnya. Media untuk melatih kepemimpinan diri salah satunya melalui OSIS, MPK, atau ekskul yang ada di SMA 2 Kota Payakumbuh.

Program rutin tahunan yang digelar SMA 2 Kota Payakumbuh kali ini mengusung tema “Mempersiapkan regenerasi kepemimpinan yan progresif dalam organisasi” yang akan berlangsung tiga hari.

Dafrimal menjelaskan bahwa selama kegiatan berlangsung, akan dilaksanakan penyampaian materi dasar kepemimpinan dan dihari selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan outbound bagi seluruh peserta LDK.