HTT gandeng Kodim 0312 Padang salurkan bantuan untuk korban gempa

id HTT,Padang,Kodim,gempa

HTT gandeng Kodim 0312 Padang salurkan bantuan untuk korban gempa

Penyaluran bantuan untuk korban gempa yang diberangkatkan melalui Kodim 0312 Padang (ANTARA/ HO HTT Padang)

Padang (ANTARA) - Komunitas sosial dan budaya etnis Tionghoa, Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang menggandeng Kodim 0312 Padang dan Lotex Road Bike untuk menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat pada Minggu.

Komandan Kodim 0312 Padang Letkol Inf Jadi di Padang,Minggu mengatakan hari ini dua unit mobil bantuan dilepas ke lokasi pengungsian korban bencana terdampak gempa dengan magnitudo 6,1 skala richter tersebut.

Bantuan yang diserahkan berupa sembako, alat perlengkapan bayi, serta alat kelengkapan wanita, alat kebersihan, minyak goreng dan kebutuhan lainnya.

Pengiriman bantuan ini untuk membantu kebutuhan kecil para pengungsi yang kerap terlupakan sehingga ini yang diberikan.

"Teknis keberangkatannya dari Kodim ke posko-posko yang ada di Pasaman dan Pasaman Barat. Bantuan ini diberangkatkan pukul 08:30 WIB. Pembagian kepada masyarakat akan diurus oleh posko-posko tersebut,” kata dia,

Wakil Ketua HTT Padang Albert Hendra Lukman mengatakan bantuan yang diberikan pihaknya adalah 500 kilogram beras dengan kualitas premium yang masing-masing berisikan lima kilogram beras, 50 kotak minyak goreng dan 500 kotak air mineral.

“Bantuan ini diserahkan melalui Kodim 0312 lalu diberikan kepada posko yang membutuhkan di daerah terdampak," kata dia.

Menurut dia, HTT sebagai perkumpulan sosial dan komunitas Tionghoa pernah merasakan hal serupa, yakni pada Gempa 2009.

Pada waktu gempa 2009 itu, katanya, bangunan runtuh dan banyak korban jiwa. Banyak bantuan datang dari segala penjuru memberikan perhatian kepada korban gempa.

“Kami komitmen setiap ada bencana di mana saja, selagi kami mampu memberikan bantuan akan kami berikan,” kata dia.

Ia mencontohkan saat gempa Lombok dan Poso, pihaknya juga menyalurkan bantuan kepada korban gempa. Terakhir gempa Sulawesi Barat, HTT menyalurkan bantuan melalui TNI AL.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu korban menghadapi situasi bencana. Kami akan kumpulkan lagi bantuan dan akan kami salurkan lagi nantinya,” kata dia.

Sementara Wakil ketua Lotex, Mezi Johan mengaku tergerak untuk memberi bantuan agar dapat meringankan korban bencana di Pasaman dan Pasaman Barat.

“Kami turut serta dalam kegiatan ini tidak terlepas dari peranan sebagai makhluk sosial yakni memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak gempa bumi tersebut. Dan, program ini termasuk dari kegiatan sosial dari Lotex,” kata dia.

Lotex juga mendapat dukungan dari road bike Lotex Jakarta, Lotex Pekanbaru dan berbagai komunitas lainnya yang juga turut serta memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat tersebut.