Ingin tau rahasia menjadi orang sukses? Ini rekomendasi buku dari Maudy Ayunda

id maudy ayunda

Ingin tau rahasia menjadi orang sukses? Ini rekomendasi buku dari Maudy Ayunda

Tangkapan Layar Video Yotube Maudy Ayunda (ANTARA/HO-Yotube Maudy Ayunda)

Padang (ANTARA) - Maudy Ayunda melakukan sharing kisi-kisi menarik dari buku The 5 Am Club by Robin Sharma yang menceritakan tentang rahasia orang sukses di channel Youtube Maudi Ayunda baru-baru ini.

"Di buku ini dia itu mengangkat banyak cerita orang-orang yang selama bertahun-tahun berkomitmen untuk bangun pagi setiap hari dan dari bukti-bukti yang dikumpulkan dia menunjukkan bahwa bangun pagi itu sangat sangat penting karna memberikan hal yang positif dan produktif untuk sesehari kita", ujar wanita 27 tahun ini.

Maudy mengatakan ada 3 insight rahasia orang sukses menurut buku The 5 Am Club by Robin Sharma.

Insight pertama, Bangun pagi khususnya jam 5 pagi. Menurutnya untuk menjadi sukses kita harus mau melakukan sesuatu yang tidak banyak orang mau lakukan termasuk menjadikan bangun pagi sebagai satu kebiasaan.

Ia juga mengatakan di dalam buku ini ada satu framework yang dia sangat sukai yaitu metode 20/20/20 yang dianjurkan untuk jam pertama di hari kamu.

Ada tiga set masing-masing 20 menit. Set pertama, kita harus melakukan latihan fisik seperti olahraga yoga yang dapat menghilangkan hormon rasa takut dan menggenerasi protein BDNF.

Set kedua, kita bisa melakukan refleksi diri seperti jounaling, meditasi, sholat, dan sebagainya. Set ketiga, kita dianjurkan untuk pembelajaran seperti baca buku, baca koran, dan mendengarkan podcast. Rutinitas ini dilakukan selama 66 hari agar menjadi kebiasaan.

Insight kedua, seberapa jauh orang itu memanfaatkan potensi skill apapun yang dia miliki.

"Ini yang menjadi pembeda aku suka banget mindset dimana kita itu untuk jadi sukses kita jangan percaya bahwa kita lahir dengan apa yang kita miliki terus kita pasrah aja tapi kita juga harus tumbuh, kita harus terus mengasah dan kita bisa menjadi semakin lebih baik lagi." Ujar Maudy Ayunda.

Insight ketiga, bekerja tanpa ada gangguan apapun.

" Kita bisa set up rutinitas yang terjadwal yang benar-benar jauh dari interuption and distruction misalnya kita mau fokus in one activity" ujar Maudy Ayunda.

Maudy Ayunda juga menambahkan kita bisa sederhanakan proses-proses yang misalnya rumit daripada mengerjakan banyak project sekaligus yang akhirnya kita pecah konsentrasi. Kita harusnya mengerjakan satu atau dua project saja.

* Pewarta merupakan mahasiswa magang dari Universitas PGRI Sumatera Barat