PMI Pasbar sosialisasikan pentingnya donor darah, untuk atasi kekurangan stok

id berita pasaman barat,berita sumbar,pmi

PMI Pasbar sosialisasikan pentingnya donor darah, untuk atasi kekurangan stok

Ketua PMI Pasaman Barat, Risnawanto saat memberikan sosialisasi tentang pentingnga donor darah di Kecamatan Sungai Aur, Selasa. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Kita perlu memberikan pemahaman kemasyarakat agar mau mendonorkan darahnya untuk mengantisipasi kekurangan stok darah,
Simpang Empat (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat mengadakan sosialisasi donor darah untuk memberikan pemahaman ke masyarakat pentingnya donor bagi yang membutuhkan darah.

"Kita perlu memberikan pemahaman ke masyarakat agar mau mendonorkan darahnya untuk mengantisipasi kekurangan stok darah," kata Ketua PMI Pasaman Barat, Risnawanto usai sosialisasi di Kecamatan Sungai Aur, Selasa.

Menurutnya dengan adanya sosialisasi itu akan membuat masyarakat paham dan meningkatkan kepedulian bagi yang membutuhkan donor darah.

"Tentu diharapkan aksi kemanusiaan donor darah akan meningkat kedepannya," harapnya.

Ia menekankan agar kegiatan aksi donor darah ini dilakukan secara rutin dan berkelanjutan di Pasaman Barat, sehingga bisa membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk saling membantu sesama.

"Semoga ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan darah, karena satu tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi kemanusiaan melalui aksi donor darah," katanya.

Ia menyebutkan darah itu penting, sehingga diperlukan orang-orang yang siap donor dengan memenuhi syarat.

Selain memenuhi syarat, masyarakat juga harus mempunyai kemauan untuk donor sehingga nantinya bank data Pasaman Barat terkait ketersediaan darah dan golongan darah masyarakat dapat terdeteksi dari kepedulian masyarakat akan donor darah.

Sementara Ketua PMI Cabang Sungai Aur, Febrianto mengucapkan terimakasih kepada Ketua PMI Pasaman Barat atas dukungan yang diberikan sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Ia menyebutkan pada 8 Maret 2022 juga akan diadakan gebyar donor darah di Sungai Aur, untuk itu diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

Ia berharap dengan dimulainya sosialisasi dari kecamatan, nagari atau desa hingga nagari persiapan, akan dapat mendukung kegiatan donor darah.

Sebab dengan adanya dukungan dan keterlibatan masyarakat dalam donor darah akan membantu sesama manusia yang membutuhkan darah.

Ia menjelaskan banyak manfaat dari donor darah yang dilaksanakan. Apabila stok darah di PMI Kecamatan Sungai Aur cukup memadai maka masyarakat Sungai Aur yang membutuhkan darah bisa secepatnya ditangani.

"Kita khususkan dulu untuk masyarakat Sungai Aur apabila bank darah kita cukup maka masyarakat yang membutuhkan darah cepat memperoleh pertolongan tanpa kesulitan seperti selama ini terjadi," sebutnya.

Sosialisasi donor darah itu dilakukan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Sungai Aur dan masyarakat di Aula Kantor Camat Sungai Aur.