Kerap terjadi, begini 5 tips dan trik hindari penipuan fitur Paylater

id Paylater

Kerap terjadi, begini 5 tips dan trik hindari penipuan fitur Paylater

Hadirkan fitur paylater "Virtual Card Number"

Jakarta (ANTARA) - Di hampir semua e-commerce ataupun layanan dompet digital, fitur paylater menjadi opsi pembayaran yang cukup sering dimanfaatkan oleh para penggunanya. Hal ini karena layanan keuangan berbasis digital tersebut memberikan segudang keuntungan yang jarang ditemukan pada layanan lainnya.

Dengan menggunakan fitur pembayaran paylater ini, transaksi belanja terasa jauh lebih mudah dan praktis. Di sisi lain, proses registrasi pada layanan ini juga terbilang sangat mudah serta mampu dijangkau oleh masyarakat dari kalangan mana pun.

Namun, dengan banyaknya risiko penipuan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab, Anda perlu bersikap waspada ketika menggunakan fitur paylater ini.

Supaya tak sampai terjebak dan menjadi korban penipuan, ikuti 5 tips dan trik menggunakan paylater dengan aman dan bijak berikut ini.

  1. Jangan Beritahu Informasi Pribadi Kepada Siapapun
Jaga baik-baik data pribadi Anda dan jangan sembarangan memberitahukannya kepada siapapun termasuk oknum yang mengaku dari pihak penyedia paylater. Data pribadi yang digunakan pada proses pengajuan atau paylater tergolong cukup sensitif dan seringkali disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Sehingga, menjaga keamanan data tersebut menjadi prioritas utama Anda agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

Serupa dengan modus penipuan pinjaman online, modus penipuan fitur paylater yang kerap terjadi ialah adanya panggilan telepon, SMS, atau e-mail yang mengaku sebagai perwakilan dari pihak penyedia fitur paylater. Oknum tersebut akan berusaha untuk mengeruk berbagai informasi sebanyak mungkin terkait data-data pribadi, meminta kode OTP, PIN transaksi, sampai alamat e-mail.

Segera blokir nomor yang tidak dikenal atau abaikan SMS serta E-mail yang meminta berbagai informasi di atas. Apalagi jika pengirimnya tidak jelas atau bukan berasal dari kontak resmi penyedia layanan paylater yang Anda gunakan..

  1. Jangan Abaikan SMS atau E-Mail Ganti Password
Seringkali pihak penyedia layanan paylater mengirimkan SMS atau e-mail resmi yang berisikan pernyataan untuk segera melakukan penggantian password. Notifikasi tersebut merupakan indikasi bahwa fitur paylater Anda sedang diretas dan coba diakses oleh pihak tak dikenal.

Jangan mengabaikan notifikasi tersebut dan cek apakah transaksi yang dilakukan benar dari diri Anda sendiri atau bukan. Apabila bukan, segera lakukan konfirmasi bahwa transaksi tersebut tidak benar dan segera lakukan penggantian password.

  1. Waspada Memasukkan Username atau Password Akun Paylater ke Laman Tidak Dikenal
Selain modus di atas, cara lain yang sering dilakukan oknum penipuan untuk menjebak pengguna paylater adalah meretas username serta password akun paylater Anda. Dengan iming-iming mendapatkan promo maupun diskon menarik, Anda akan diarahkan untuk memasukkan username serta password akun paylater pada laman situs yang tidak jelas. Biasanya laman atau situs ini mengaku dan mengatasnamakan diri mereka dari platform e-commerce atau perusahaan penyedia layanan paylater yang Anda gunakan.

Pastikan alamat situs tersebut berasal dari domain yang benar. Oknum penipu akan cenderung membuat nama domain yang mirip untuk mengelabui pengguna agar berpikir bahwa mereka berada di situs yang sah dengan cara membuat perubahan halus yang mungkin tidak Anda sadari di kolom URL. Misalnya, mengganti huruf “o” dengan angka nol “0”

  1. Tak Lakukan Transaksi atau Pendaftaran Akun Paylater Selain di Aplikasi Resmi
Saat bertransaksi pakai paylater, pastikan Anda melakukannya via aplikasi resminya. Termasuk saat melakukan pendaftaran, verifikasi, serta proses pembayaran. Apabila ada penawaran untuk melakukan pembayaran di luar aplikasinya, misalnya, via SMS, telepon, atau Whatsapp, langsung sadari bahwa itu merupakan modus yang dilakukan oleh oknum penipu. Jadi, jangan pernah melakukan transaksi atau pendaftaran akun paylater selain dari aplikasi paylater resmi agar tak terjebak.

5. Jangan Biarkan Keuntungan Paylater yang Memikat Menjadi Sumber Masalah Karena Tertipu

Memudahkan transaksi belanja dan bantu melancarkan arus kas, paylater adalah fitur pembayaran yang memberikan banyak keuntungan asal digunakan dengan bijak. Hanya saja, di balik beragam manfaat yang dimilikinya, Anda harus bersikap waspada saat menggunakan fitur pembayaran tersebut agar tak terjebak modus penipuan. Caranya dengan mengikuti tips dan trik terhindar dari risiko penipuan pada fitur paylater yang telah dijelaskan di atas!