PT BRM luncurkan kampung protein untuk masyarakat Dharmasraya

id berita dharmasraya, berita sumbar

PT BRM luncurkan kampung protein untuk masyarakat Dharmasraya

 Humas PT BRM Endri Wahyudi (dua kiri) menyerahkan indukan ayam, pakan dan perlengkapan kandang kepada kelompok Tani Sumanik, Nagari Lubuk Karak, Kabupaten Dharmasraya, Sabtu. (Antara/HO-Humas PT BRM)

Pulau Punjung (ANTARA) - PT Bukit Raya Mudisa (PT BRM) meluncurkan program kampung protein untuk masyarakat Nagari Lubuk Karak, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap kegiatan pengembangan masyarakat sekitar.

Melalui progam Community Development bertajuk kampung protein perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan akasia tersebut menyerahkan 234 ekor indukan ayam kampung unggul balitbangtan (KUB), pakan, dan perlengkapan membuat kandang kepada Kelompok Tani Sumanik.

"Penyerahan ini sudah kita lakukan berapa hari lalu, selain indukan ayam kita juga bantu masyarakat pakan pelet 15 sak, tempat minum 30 unit, tempat makan 30 unit, gabah dan jagung sembilan sak, dan bahan untuk kandang berupa papan sederan sebanyak satu truk," kata Humas PT BRM Endri Wahyudi, di Pulau Punjung, Sabtu.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pengembangan masyarakat melalui kampung protein juga mendukung program pemerintah dalam memberantas stunting pada anak, khususnya balita. Selain itu untuk sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat.

"Telur dan daging ayam merupakan sumber protein yang sudah akrab dengan masyarakat, hanya saja belum dimaksimalkan selama ini. Disini kita ingin agar masyarakat dapat memaksimalkan potensi ini," ujar dia.

Selain bertani dan berkebun, kata dia sumber penghasilan masyarakat juga dapat bertambah dari beternak ayam . Ayam jenis ini dinilai lebih produktif menghasilkan telur dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

"Kemampuan beradaptasi dan daya tahan terhadap penyakit juga cukup bagus, sehingga mudah untuk dikembangkan oleh masyarakat," ujar dia mengatakan.

Ia menambahkan komitmen perusahaan dalam rangka pemberantasan stuntingn sebelumnya juga sudah dilakukan dengan mendistribusikan 60 kotak susu formula, satu unit tensi digital, satu unit timangan bayi digital, dan satu unit timbangan dewasa kepada masyarakat Nagari Ampek Koto Dibawuah, Kecamatan IX Koto.

Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Karak, Kecamatan IX Koto, Marti Azis menyebutkan pemerintahan Lubuk Karak mendukung dan menyambut baik program perusahaan tersebut .

"Kami sebagai pemerintahan nagari tentu sangat mendukung program ini, karena sangat bagus dalam upaya pengembangan untuk masyarakat. Semangat yang sama juga ditunjukkan anggota kelompok tani Sumanik dalam membuat kandang secara bergotong royong," katanya.

Perwakilan anggota kelompok Tani Sumanik Fauzan menyampaikan terimakasih kepada manajemen perusahaan yang telah membantu masyarakat. Kelompok Tani beserta anggota akan berkomitmen dalam menjalankan program Kampung protein yang digagas oleh perusahaan sehingga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2022