Parpora nilai paralayang salah satu sport tourism potensial di Tanah Datar

id berita tanah datar,berita sumbar,layang

Parpora nilai paralayang salah satu sport tourism potensial di Tanah Datar

Paralayang di Puncak Macau Malalo. (Antarasumbar/HO)

Daerah kita mempunyai lokasi dan daerah sangat mendukung olahraga Paralayang,
Batusangkar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Sumatera Barat, Abdul Hakim mengatakan olahraga paralayang merupakan salah satu sport tourism potensial yang sedang dikembangkan di daerah itu.

"Daerah kita mempunyai lokasi dan daerah sangat mendukung olahraga Paralayang, seperti di Batipuh Selatan dan di Salimpaung yang sudah dilaksanakan beberapa iven. Ini tentunya berdampak pada peningkatan kunjungan dan perekonomian masyarakat sekitar," katanya di Batusangkar, Rabu.

Ia mengatakan dengan adanya sport tourism yang potensial tersebut diharapkan sarana dan prasarana pendukung serta kelengkapan olahraga juga ditingkatkan.

Saat ini di Kabupaten Tanah Datar tercatat sebanyak 20 orang calon atlet paralayang yang siap memajukan dan mengembangkan paralayang.

Saat ini pihaknya bersama pemerintah nagari dan juga Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat berkoordinasi untuk bisa membantu ketersediaan sarana salah satunya parasut untuk atlet.

"Memang sarana dan prasarana pendukung serta kelengkapan olahraga masih kurang sehingga diperlukan peningkatan dan perbaikan. Kita bersama pemerintah nagari dan juga KONI berkoordinasi untuk bisa membantu ketersediaan sarana salah satunya parasut untuk atlet," katanya.

Sebelumnya Bupati Tanah Datar, Eka Putra dalam rangka evaluasi kegiatan Pelatihan dan Pemanduan Paralayang mengatakan dalam menggelar sebuah acara terutama yang berhubungan dengan pariwisata, seluruh elemen terkait sampai masyarakat harus bersikap ramah dan penuh senyum melayani wisatawan dan pengunjung.

"Dengan bersikap ramah dan penuh senyum tentu saja memberikan kesan mendalam bagi pengunjung ke daerah kita, sehingga mereka suatu saat nanti ingin kembali lagi, dengan begitu secara tersendiri pariwisata meningkat," katanya.

Ia mengatakan yang menjadi perhatian lainnya seperti kebersihan toilet, masjid dan rumah makan serta fasilitas umum lainnya harus menimbulkan kesan baik dan kenyamanan kepada pengunjung.

"Karena kebersihan merupakan salah satu hal utama menimbulkan kesan baik dan kenyamanan pada pengunjung," katanya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2022