Pemkab Tanah Datar gelar rakor dan luncurkan Pilwana serentak 2021

id berita tanah datar,berita sumbar,nagari

Pemkab Tanah Datar gelar rakor dan luncurkan Pilwana serentak 2021

Tanah Datar luncurkan pemilihan wali nagari serentak 2021. (Antarasumbar/Heri)

Pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak 2021 di Tanah Datar akan dilaksanakan pada 16 Desember 2021,
Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan meluncurkan pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak 2021 di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar, Rabu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tanah Datar, Nofenril di Batusangkar, Rabu, mengharapkan Pilwana serentak ini bisa terlaksana dengan sukses, aman, dan lancar tanpa ada kendala.

"Pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak 2021 di Tanah Datar akan dilaksanakan pada 16 Desember 2021 dan diharapkan berjalan dengan sukses dan lancar," katanya.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan pilwana serentak 2021 akan diikuti sebanyak 21 nagari di 11 kecamatan dengan jumlah calon 93 orang.

Pada hari pelaksanan direncanakan 21 nagari yang ikut pilwana akan dilaksanakan libur bersama untuk menyukseskan pilwana serentak tersebut.

Pada pelaksanaan pemilihan nantinya wajib mematuhi protokol kesehatan agar tidak menjadi klaster baru penularan COVID-19.

"Mari bersama kita sukseskan perhelatan pemilihan wali nagari sesuai arahan dan penerapan protokol kesehatan, sehingga nantinya tidak menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19 di Tanah Datar," katanya.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan tahapan pemilihan wali nagari serentak di daerah itu telah di mulai pada 2020 dan beberapa kali tertunda karena situasi pandemi COVID-19.

Bupati juga berharap pemilihan wali nagari serentak ini terlaksana dengan sukses tanpa ada kendala yang berarti, pemilihan harus mengedepankan azas jujur, adil, rahasia dan demokratis, dan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Mari kita laksanakan pilwana di Tanah Datar secara badunsanak dan gunakan hak pilih untuk menentukan yang terbaik dari calon yang sudah ditetapkan, dan tetap mematuhi protokol kesehatan supaya tidak terjadi penyebaran COVID-19," katanya.