PGRI nilai Wako Sawahlunto berkomitmen memperhatikan dan mendukung pendidikan

id berita sawahlunto

PGRI nilai Wako  Sawahlunto berkomitmen memperhatikan dan mendukung pendidikan

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menerima piagam penghargaan Anugerah Dwija Praja dari Pengurus Besar PGRI, di Jakarta, Sabtu. (Antara/HO-Humas Pemkot)

Sawahlunto (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menilai Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Deri Asta telah memperhatikan dan berkomitmen mendukung pembangunan pendidikan dan kesejahteraan guru.

Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Prof Unifah Rosyidi, di Jakarta, Sabtu mengatakan atas dasar itu pihaknya memberikan Anugerah Dwija Praja Nugraha kepada Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

"Ada tujuh kepala daerah yaitu Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang kami berikan Anugerah Dwija Praja ini, di Jakarta, pada acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, Sabtu (27/11). Untuk tingkat kota hanya ada satu, yakni Wali Kota Sawahlunto Deri Asta," ujar dia.

Ia menjelaskan anugerah ini diberikan berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi yang dilakukan oleh Pengurus Besar PGRI serta berdasarkan usulan dari Sekretaris Daerah Sawahlunto, PGRI Provinsi Sumatera Barat dan PGRI Kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Asril, menyebut sejumlah program prioritas dan unggulan Pemkot Sawahlunto di bidang pendidikan adalah pemberian seragam gratis bagi pelajar SD sampai SMP dan reward (penghargaan) bagi mahasiswa asal Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, serta mahasiswa yang memperoleh IPK sesuai ketentuan.

"Kalau perhatian dan dukungan pada guru, ada alokasi anggaran untuk peningkatan kualitas guru melalui pelatihan - pelatihan, dan kegiatan terkait lainnya. Juga di luar itu kalau ada kendala atau hal - hal yang terjadi pada guru, bapak Wali Kota langsung menanggapi dan memberikan dukungan melalui kebijakan atau pun anggaran," katanya.

Ketua PGRI Kota Sawahlunto Darmayeri, menyebutkan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta selalu bersedia mendengarkan berbagai keluhan, saran dan kritikan dari guru, serta telah menunjukkan komitmen memfasilitasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan PGRI.

Sementara Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan terimakasih kepada PGRI atas penghargaan yang diberikan, juga untuk sejumlah dukungan dan kegiatan dari PGRI yang melibatkan guru - guru di Sawahlunto.

"Ini penghargaan dari guru, dan kami persembahkan pula kepada para di Kota Sawahlunto. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih baik lagi dalam mendukung dan membantu para guru dalam memberikan pendidikan berkualitas pada anak didik," ujar dia.

Wali Kota mengatakan perhatian dan dukungan pada pendidikan sudah dilaksanakan sejak awal masa pemerintahannya, dimana dalam salah satu misi Pemko Sawahlunto tentang pendidikan adalah mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, kreatif dan berdaya saing (dengan memberikan beasiswa atau reward).

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2022