IBI diharapkan bantu tingkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Solok

id Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra,berita solok,solok terkini,berita sumbar

IBI diharapkan bantu tingkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Solok

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra. (Antara/HO-Prokomp)

Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, mengharapkan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) setempat ikut berperan dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat agar menjadi lebih baik ke depannya.

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Kamis mengatakan IBI sebagai organisasi bidang kesehatan adalah mitra kerja

pemerintah daerah yang berperan aktif dan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Hal ini sejalan dengan arah pembangunan kesehatan dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas nantinya," kata dia.

Hal itu disampaikan Ramadhani Kirana Putra saat menghadiri kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-70 tahun 2021 dengan mengusung tema optimalisasi peran bidan pada pelayanan KIA-KB dan kesehatan reproduksi dalam mendukung penguatan pelayanan primer.

Selain itu, menurunnya IBI sebagai wadah para bidan harus siap mengoptimalkan peran dan kiprahnya untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan.

"Khususnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, menciptakan lingkungan dan keluarga yang bersih, sehat serta sejahtera lahir-batin," ujar dia.

Ia berharap ke depannya IBI bisa berkomitmen akan hal ini, segala yang menjadi program perlu dilakukan berkesinambungan tidak hanya di hari ulang tahun ini saja.

"Diharapkan IBI berperan dalam meningkatkan kualitas SDM dalam hal ini bidan, karena bidan merupakan ujung tombak dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ucap dia.

Pada prinsipnya IBI harus terus aktif dalam melakukan pembinaan anggotanya karena memang itu semua harus dilakukan oleh organisasi manapun.

"Semangat bidan yang hadir di sini sangat luar biasa seperti bidan PNS maupun swasta, masing-masing ingin hadir untuk dapat bersilaturahmi dengan bidan yang ada di seluruh Kota Solok," ujar dia.

Para pengurus IBI diminta harus berusaha keras agar IBI dapat dijadikan organisasi yang eksis dan bagus di mata masyarakat. (*)