86 warga akses konsultasi hukum gratis pada "Legal Expo" Kemenkumham Sumbar

id berita padang,berita sumbar,expo

86 warga akses konsultasi hukum gratis pada "Legal Expo" Kemenkumham Sumbar

Pameran karya buatan narapidana di lokasi "Legal Expo" Kemenkumham Sumbar, Selasa (26/10). (Antarasumbar/HO)

Semoga konsultasi dan informasi yang kami berikan di lokasi bisa bermanfaat untuk masyarakat serta menambah pengetahuannya tentang tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham Sumbar,
Padang (ANTARA) - Sebanyak 86 warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengakses layanan konsultasi hukum secara gratis dalam kegiatan "Legal Expo" Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat selama dua hari mulai dari 25-26 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika 2021 yang berlokasi di pelataran Kantor Kanwil Kemenkumham Sumbar.

"Dalam dua hari ini layanan konsultasi hukum gratis cukup diminati oleh masyarakat, total ada 86 orang yang mengakses," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan puluhan warga dari berbagai kalangan itu bertanya tentang berbagai persoalan mulai dari pelanggaran HAM, Kekayaan Intelektual, hak paten atau merek, serta tugas-tugas satuan kerja dibawah naungan Kemenkumham Sumbar.

Antusiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat itu disambut baik Kemenkumham Sumbar, karena menjadi ajang edukasi serta berbagi informasi terkait program yang dijalankan Kemenkumham Sumbar.

Berdasarkan data setidaknya ada 300 pengunjung yang datang ke lokasi kegiatan "Legal Expo" Kemenkumham Sumbar mencapai 300 orang dalam dua hari penyelenggaraan.

"Semoga konsultasi dan informasi yang kami berikan di lokasi bisa bermanfaat untuk masyarakat serta menambah pengetahuannya tentang tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham Sumbar," harap Andika.

Salah seorang pengunjung Rahmat (25) mengapresiasi kegiatan "Legal Expo" itu karena ia yang berlatar belakang mahasiswa punya kesempatan bertanya-tanya langsung soal hukum dan HAM, sekaligus melihat pameran karya milik narapidana.

Selain konsultasi hukum, dalam kegiatan itu juga digelar berbagai program layanan lain seperti pengurusan paspor simpatik, pengharmonisasian Perda, pendaftarakan Perseroan perorangan, pendaftaran hak cipta, paten dan merek, serta pelayanan kenotariatan.

Untuk layanan penbuatan paspor simpatik setidaknya dalam dua hari tercatat sebanyak 16 orang, peminjaman buku hukum sebanyak 23 orang.

Dalam kesempatan yang sama Kanwil Kemenkumham Sumbar juga memamerkan ratusan karya serta hasil kerajinan tangan narapidana baik berupa hiasan, miniatur, olahan makanan, ataupun produk industri lainnya.

Dalam dua hari kegiatan sedikitnya ada 114 unit hasil kerajinan tangan narapidana yang laku terjual sehingga memberikan dampak ekonomi bagi para pembuatnya.